Penerapan PJJ yang Menarik Perhatian PIP untuk Berkunjung ke UT

Penerapan pembelajaran jarak jauh (PJJ) memiliki banyak keunggulan, mahasiswa dapat mengaksesnya kapan saja dan dimana saja, fleksibilitas yang lebih terasa, bahkan mahasiswa bisa menghemat uang kuliah. Universitas Terbuka (UT) merupakan pelopor penyelenggaraan PJJ melalui pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkualitas, massif, dan strategis. Inilah alasan mengapa banyak mahasiswa yang memilih UT sebagai tempat untuk menempuh pendidikan tinggi.

Pada Jumat 21 Juli 2023, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Semarang berkunjung ke UT Pusat untuk menambah wawasan terkait bahan ajar virtual yang telah lama diterapkan oleh UT. Acara dilaksanakan di Ruang Rasamala Wisma 2 UT Lantai Dasar dan dihadiri oleh rombongan PIP Semarang yang berjumlah 5 orang. Kunjungan disambut baik oleh Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si. Selaku Kepala Pusat Perpustakaan dan Kearsipan, Dra. Ace Sriati Rachman, M.Si. Selaku Staf Ahli Bidang Pemasaran, Kerja Sama, dan Kehumasan, dan Kani, S.Kom., M. Kom. Selaku Manajer Jaringan Komunikasi dan Kearsipan.

Dalam sambutannya Dr. Sri Sediyaningsih, M.Si. menyampaikan tentang sistem bahan ajar yang diterapkan UT dan menjelaskan tentang perbedaan perpustakaan UT dengan yang lain dalam hal penerapan perpustakaan virtual. Untuk itu, yang mengunjungi perpustakaan UT hanyalah staf dan mahasiswa UT se-Jabodetabek, sehingga kita harus memperkuat sisi digitalnya.

Sambutan dilanjutkan oleh Dr. Capt. Ilham Ashari, S.Si., M.M., M.Mar. selaku Kepala Bagian Adm. Akademik dan Ketarunaan PIP Semarang yang mengaku bahwasanya UT merupakan universitas yang jauh lebih unggul soal PJJ. Untuk itu, kunjungan PIP Semarang saat ini adalah untuk mempelajari sistem bahan ajar virtual yang telah diterapkan oleh UT, karena saat ini PIP Semarang ingin beralih ke digital dan ingin mendistribusikan bahan ajar dalam bentuk soft file. Untuk itu, PIP Semarang tertarik untuk mengetahui cara pengelolaan bahan ajar digital lebih jauh.

Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi yang didampingi oleh Dra. Ace Sriati Rachman, M.Si. Selaku Staf Ahli Bidang Pemasaran, Kerja Sama, dan Kehumasan, dan Kani, S.Kom., M. Kom. Selaku Manajer Jaringan Komunikasi dan Kearsipan. Sesi diskusi ini menggambarkan alur pembuatan bahan ajar yang menjadi ketertarikan dari rombongan PIP Semarang.

Acara diakhiri dengan sesi pertukaran cinderamata dan Head Office Tour ke Pusat Produksi Bahan Ajar Multimedia (PPBAM) dan Pusat Layanan Bahan Ajar (PUSLABA).

Tags: