UT Jaring Bibit Muda: Gelar Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional 2023

Universitas Terbuka (UT) kembali menyelenggarakan Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional untuk memperebutkan Piala Rektor Universitas Terbuka.   Turnamen Tenis Meja yang diadakan pada tanggal  25-27 Agustus 2023 ini merupakan Turnamen ke-9  dari sejarah turnamen tenis meja yang diselenggarakan UT sebelum ini. Yang menarik, turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional 2023 ini  berhasil menggaet banyak peserta. Bagaimana tidak, turnamen ini diikuti oleh 553 peserta pelajar yang terdiri dari 4 kategori yaitu kategori U-11, U-15, U-18, dan kategori mahasiswa.

Sebagaimana diketahui, turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional 2023 ini merupakan salah satu bentuk rangkaian Disporseni Nasional UT 2023 yang mengusung tema Mewujudkan Sportivitas dan Kreativitas untuk Indonesia Maju. Pembukaan Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional  pada tanggal 25 Agustus 2023 pun sukses digelar secara luring di UTCC Kantor Pusat UT Pondok Cabe yang juga disiarkan langsung oleh  YouTube UT TV.

Pembukaan turnamen tenis meja ini dihadiri oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. beserta jajaran pimpinannya, Direktur Institutional Banking BTN - Hakim Putratama,  Ketua KONI Tangsel - Bapak Letkol. Purnawiran Mohamad Hamka Handaru, dan Ketua Persatuan Tenis Meja Se Indonesia (PTMSI) Tangsel - Bapak Lilik Hanafi. Selain itu acara pembukaan ini tentu saja dihadiri oleh  seluruh peserta, selain oleh wasit resmi  juga jajaran pelatih dan pendamping.

Adrian Sutawijaya S.E., M.Si. selaku Ketua Persatuan Tenis Meja UT menyampaikan rasa terima kasihnya atas antusiasme seluruh pihak dalam penyelenggaraan turnamen ini. “Turnamen ini sangat ditunggu dari para peserta, bahkan dari Makassar, Jayapura, dan daerah lainnya. Sejak bulan Juni pun telah banyak calon peserta yang bertanya-tanya terkait penyelenggaraan ini,” ujar Pak Adrian. Pada kesempatan tersebut Pak Adrian pun menyampaikan terima kasih kepada para pimpinan dan Persatuan Tenis Meja UT, serta kepada Bank BTN yang menjadi sponsor utama. Sebagai tambahan Pak  Adrian menyatakan bahwa tujuan utama pelaksanaan Turnamen ini adalah mengenalkan UT ke lingkup pelajar sejak usia dini, serta menciptakan bibit unggul khususnya di bidang tenis meja.

Selanjutnya Ketua KONI Tangsel Bapak Letkol. Purn. Mohamad Hamka Handaru dalam sambutannya mengucapkan rasa bangga dan bangga telah diundang ke turnamen yang bertujuan menciptakan bibit-bibit unggul di bidang olahraga tenis meja. Menurutnya, Kota Tangsel adalah kota yang sedang mendorong sektor olahraga. “Pada tahun 2026, momentum Tangsel menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi, sedangkan venue UT ini menjadi patokan sebuah venue yang luar biasa untuk ajang olahraga indoor,” tegas Pak Mohamad Hamka.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Bapak Hakim Putratama selaku Direktur Institutional Banking BTN. Beliau mengapresiasi kepercayaan UT kepada Bank BTN untuk menjadi pendukung di setiap acara besar UT yang tentunya merupakan imbas dari hubungan baik kedua institusi yang telah dijalin selama ini. Menurutnya, Bank BTN berkomitmen terus mendukung pendidikan, olahraga, dan kegiatan yang dilakukan UT dalam niat mulianya mencerdaskan anak bangsa. “Tenis meja adalah olahraga yang sangat disukai dan diminati seluruh kalangan. Karena itu, kami selalu berpikir dan berusaha untuk memberikan dukungan kepada UT dalam hal ini,” tutup Bapak Hakim.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dalam sambutannya menyampaikan bahwa Turnamen Tenis Meja Antar Pelajar Nasional ini diselenggarakan pertama kali pada tahun 2013 dengan nama “Kejuaraan Tenis Meja Piala Universitas Terbuka Se-Jabodetabek”, selain mempertandingkan nomor-nomor pertandingan untuk kategori pelajar, juga mempertandingkan Kategori Umum. Turnamen ini melahirkan banyak bintang tenis meja yang saat ini berkiprah di tingkat nasional maupun internasional. Sebagaimana diungkap Pak Adrian, Prof. Ojat pun menyampaikan bahwa salah satu tujuan turnamen ini adalah untuk memperkenalkan UT kepada kalangan pelajar.  “UT menjadi tempat Pendidikan yang tepat bagi para atlit, UT menerapkan sistem belajar jarak jauh dan terbuka. UT otomatis menjadi universitas yang strategis bagi para atlit untuk mengejar pendidikan tinggi,” ungkap Prof. Ojat. Terakhir, Beliau berpesan, untuk menjaga sportivitas dan fairness, agar menjaga tali silaturahmi. Kemenangan dan kekalahan bukan yang utama, karena kekalahan hanyalah kemenangan yang tertunda. Hal utama yang para peserta berikan yaitu tentang makna, berkah, dan manfaat Turnamen Tenis Meja Pelajar Nasional bagi bangsa.

Seusai memberikan sambutannya, Rektor UT didampingi Ketua Panitia Turnamen Tenis Meja, bersama dengan Direktur Institutional Banking BTN, serta Ketua KONI Tangsel melakukan pemukulan bola tenis meja dan pertandingan eksibisi singkat sebagai penanda bahwa turnamen telah secara resmi dibuka.