Semangat Kekeluargaan Penuh Kehangatan Pada Lomba Mancing dan Masak Dies Natalis UT ke-39

Perasaan penuh semangat dan kehangatan menggema di area danau Universitas Terbuka (UT) Pusat Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Bagaimana tidak, seluruh pegawai berkumpul bersama-sama dengan semarak bertajuk Lombang Mancing dan Masak Soto Nusantara. Setiap pegawai dari seluruh unit di Kantor UT Pusat, beserta para mitra bank, UT Bogor, UT Jakarta, UT Serang, IKAPEN UT, Dharma Wanita UT, serta mitra UT lainnya pun turut memeriahkan acara besar ini dengan menampilkan tenda/stan dengan tema sesuai masakan Soto Nusantara yang dipilihnya. Lomba yang diselenggarakan pada Kamis, 31 Agustus 2023 ini merupakan bagian dari rangkaian Dies Natalis UT ke-39. Tiap tahunnya, UT pun secara konsisten menggelar acara ini demi meningkatkan pula semangat kekeluargaan internal UT.

Acara ini pun dihadiri oleh Rektor UT – Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., para Wakil Rektor UT, Rektor UT periode 2001-2009 Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc., beserta tamu undangan penting dari Kemendikbudristek, Kantor Pos Indonesia, BTN, Mandiri, BRI, KPPN Tangerang, KPN Pondok Aren, KPNKL II Tangerang, serta Seamolec. Turut hadir pula Ketua dan Sekretaris Ikatan Pensiunan (IKAPEN) UT. Selain menghadiri acara pembukaan, seluruh jajaran pimpinan UT dan para tamu undangan pun berkesempatan berkeliling mengunjungi semua tenda stand di area danau UT untuk menyapa dan berfoto bersama dengan pegawai pada masing-masing unit yang sedang asik memancing dan memasak Soto Nusantara.

Pembukaan acara diawali dengan pembacaan doa yang dipimpin oleh Dr. Syaeful Mikdar, M.Pd. demi kelancaran acara dan mendoakan keberkahan bagi UT dan seluruh pegawainya. Seusainya, Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. selaku Ketua Panitia Dies Natalis UT ke-39 pun menyampaikan laporannya dengan mengucapkan syukur atas kelancaran segala rangkaian acara Dies Natalis ke-39 ini yang telah semakin mendekati acara puncak pada 4 September 2023 nanti. Beliau menyampaikan bahwa dua bulan sebelumnya, Rektor UT telah melepas sebanyak 2 ton ikan ke Danau UT yang khusus dipersiapkan untuk Lomba Mancing ini. Selain itu, telah dilepaskan pula sebanya 200 ekor ikan berpita dengan hadiah sebanyak 50 ribu rupiah per ekornya. Prof. Ucu pun berharap pula agar acara ini dapat berjalan dengan lancar.

Acara pun dilanjutkan oleh sambutan Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Beliau mengucapkan apresiasinya kepada seluruh panitia yang telah berupaya dengan keras demi kelancaran acara hari ini. Tak lupa pula Beliau berterima kasih kepada seluruh mitra yang telah menyempatkan waktu untuk hadir serta memberikan dukungan penuh pada UT selama rangkaian Dies Natalis ke-39 ini berjalan. Prof. Ojat menyatakan bahwa Lomba Mancing dan Masak merupakan sebuah tradisi panjang yang dimiliki UT. Sebagaimana layaknya sebuah tradisi yang terus dipertahankan, UT selalu dapat memaknainya dengan hal positif. Tradisi ini terus dilestarikan, tentunya dengan tujuan untuk mengokohkan semangat dan rasa kekeluargaan baik pada internal UT maupun antara UT dengan mitra-mitranya. Acara pun secara resmi dibuka melalui seremoni secara simbolis yaitu pelepasan 9 ikan super dengan berat masing-masing 5 kilogram yang dilepas oleh Rektor, Para Wakil Rektor, Prof. Atwi Suparman, serta oleh perwakilan Mitra UT.

Memasuki usia yang ke-39, UT terus berlari kencang memacu kinerjanya dalam mengemban misi mulia mencerdaskan kehidupan bangsa. Sebagai sebuah institusi yang memiliki tanggung jawab pada Tanah Air, UT tetap pada jati dirinya dan selalu memegang prinsip kekeluargaan pada internalnya. Lomba Mancing dan Masak sebagai tradisi baik UT setiap tahunnya berhasil menjadi ajang yang dinanti oleh seluruh pegawai UT Lomba Mancing dan Masak yang mengundang seluruh pegawai UT Pusat ini pun bukanlah sekedar kompetisi dan mencari pemenang, melainkan sebuah wadah bagi para pegawai untuk mengeratkan terus tali silaturahmi sesama anggota keluarga UT.