Serah Terima Gedung UT Mataram kepada Pemkot Mataram

Selama 38 tahun, Universitas Terbuka (UT) selalu memberikan seratus persen usaha demi memajukan pendidikan bagi generasi penerus bangsa. Namun, dalam menjalankan misi yang mulia ini, UT tidak dapat melakukannya sendirian. Dibutuhkan kerja sama, kolaborasi, dan hubungan baik yang saling bersinergi untuk terus secara konsisten bergerak ke arah yang lebih baik demi memajukan pendidikan di tanah air. Karenanya, UT senantiasa menjalin hubungan baik dengan pihak lain dalam satu semangat yang positif. Kali ini, UT kembali mempererat hubungan baik dengan Pemerintah Kota Mataram serta beberapa yayasan-yayasan pendidikan dan sosial di Kota Mataram.

Pada Senin (12/12/2022), UT secara resmi menghibahkan gedung yang sebelumnya merupakan gedung kantor UPBJJ-UT Mataram kepada Pemerintah Kota Mataram. Hibah gedung ini ditandai dengan Berita Acara Serah Terima Gedung. Pada kesempatan yang baik ini pula, UT dan Pemkot Mataram menandatangani Nota Kesepahaman untuk memperdalam lagi ikatan kerja sama antara keduanya. Momen bersejarah ini diselenggarakan pada rangkaian Apel Pagi Pemerintah Kota Mataram di Balai Kota Pemkot Mataram. Dihadiri oleh Walikota Mataram H. Mohan Roliskana, S.Sos., M.H., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum UT Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si., Sekda Kota Mataram Dr. Ir. H. Effendy Eko Saswito, M.M., Direktur UT Mataram Drs. Raden Sudarwo, M.Pd., serta disaksikan oleh seluruh pejabat dan pegawai Pemkot Mataram.

Melalui penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Walikota Mataram berharap agar UT dan Pemkot Mataram dapat bersinergi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di lingkungan Pemkot. H. Mohan Roliskana pun berterima kasih atas kerja sama yang baik dengan UT untuk membangun Mataram menjadi kota yang lebih baik dengan adanya UT yang menawarkan kesempatan yang dapat mempermudah para pegawai di lingkungan Kota Mataram dalam melanjutkan studi dan mengembangkan potensi akademik mereka. Walikota dan Sekda Kota Mataram juga berterima kasih atas hibah gedung yang diberikan UT, serta menyatakan akan berupaya memanfaatkan gedung tersebut untuk kepentingan bersama dan memberikan manfaat bagi seluruh lapisan masyarakat Kota Mataram. Gedung yang dihibahkan oleh UT pun merupakan gedung lama tempat UPBJJ-UT Mataram beroperasi. Gedung ini dibangun di atas lahan milik Pemkot Mataram, sehingga ketika UPBJJ-UT Mataram sudah memiliki gedung baru, lahan milik Pemkot Mataram tempat gedung lama UPBJJ-UT Mataram pun dikembalikan. Bersamaan dengan ini, gedung pun dihibahkan kepada Pemkot Mataram.

Prof. Ali Muktiyanto pun mengucapkan rasa terima kasihnya atas sambutan yang hangat dari seluruh jajaran Pemkot Mataram. Beliau mengharapkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, semakin banyak masyarakat Mataram yang lebih mengenal UT, dan berminat melanjutkan pendidikan tingginya di UT. Menurutnya, dengan penandatanganan Nota Kesepahaman ini, Pemkot Mataram sudah menjadi pemicu bagi masyarakat bahwa banyak jalan dan kesempatan untuk melanjutkan studi, terutama dengan adanya UT. Terkait hibah gedung pun, Prof. Ali mengharapkan agar gedung ini membawa keberkahan dan daya guna besar bagi Pemkot Mataram, serta berterima kasih atas kontribusi Pemkot Mataram atas penggunaan lahan oleh UT selama ini.

Selain penandatanganan Nota Kesepahaman dan Serah Terima Hibah Gedung UT, pada Senin (12/12/2022) ini pula, UPBJJ-UT Mataram bersama Prof. Ali Muktiyanto berkesempatan melakukan serah terima hibah perabotan Barang Milik Negara berupa perabot kantor kepada 6 (enam) Yayasan di lingkungan Kota Mataram. Keenam yayasan tersebut adalah Yayasan Pendidikan Intan Cendekia, Yayasan Amal Al-Ikhlas Al-Ridwani (YAIR), Yayasan Al-Mahyidin Nahdlatul Wathan Lombok, Lembaga Islam Sehati Mataram, Yayasan Pondok Pesantren Al-Kubro, dan Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Bengkel Hati.

Pada serah terima ini, Direktur UT Mataram Raden Sudarwo berpesan agar para yayasan menjaga dengan baik seluruh barang yang dihibahkan. Beliau meminta agar seluruh barang yang dititipkan oleh negara ini dimanfaatkan sebaik mungkin oleh setiap yayasan agar membawa kebaikan bersama. Prof. Ali Muktiyanto menambahkan bahwa barang-barang ini merupakan amanah. Dengan operasional masing-masing yayasan yang tentunya melakukan aktivitas yang positif setiap harinya, mudah-mudahan barang-barang ini dapat membawa amal baik yang terus mengalir bagi pengurus yayasan, UT, dan negara.

Setiap langkah yang dilakukan UT tentu dalam semangat untuk memberikan kebaikan bagi seluruh lapisan masyarakat. Kerja sama yang dijalin UT dengan seluruh pihak merupakan salah satu jalan bagi UT untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia secara holistik. Selain terus giat berperan dalam membentuk generasi penerus bangsa yang kompeten, UT juga senantiasa gencar dalam mengejar mimpinya untuk menjangkau yang tidak terjangkau. Keinginan UT untuk terus memberikan kesempatan yang luas bagi seluruh aspek dalam masyarakat, tentunya sebuah komitmen besar yang akan selamanya diupayakan, karena UT hadir untuk Indonesia, mengambil bagian dan berperan untuk memajukan tanah air.