Pengukuhan sesi kedua : Empat Profesor UT

Pada 9 agustus 2022 Universitas Terbuka kembali melanjutkan pengukuhan sesi kedua yang dilaksanakan di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) dengan mengukuhkan empat profesor dari fakultas keguruan dan ilmu pendidikan yaitu Prof. Dr. A.A. Ketut Budiastra, M.Ed., Prof. Dr. Sardjijo, M.Si., Prof. Aminudin Zuhairi, M.Ed., Ph.D., Prof. Dr. R. Benny Agus Pribadi, M.A. 

Acara dibuka secara resmi oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan dilanjutkan oleh pembacaan Surat Keputusan Rektor Universitas Terbuka tentang Pengukuhan Profesor UT oleh Ketua Dewan Guru Besar UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D.

Pada acara Pengukuhan Profesor ini, Prof. Dr. A.A. Ketut Budiastra, M.Ed. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Pembelajaran IPA di SD dalam konteks PTJJ”. Beliau sempat menyampaikan bahwa PTJJ memiliki peran yang sangat penting agar peserta didik mampu berinteraksi dengan berbagai sumber belajar. 

Sementara itu, Prof. Dr. Sardjijo, M.Si. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Penguatan karakter pegawai Universitas Terbuka melalui kegiatan pembiasaan baik”. Dalam orasinya beliau mengangkat pendapat Ki Hajar Dewantara yang memandang bahwa karakter sebagai watak atau budi pekerti yaitu bersatunya antara gerak pikiran, perasaan, dan kehendak atau kemauan yang kemudian menimbulkan suatu tenaga.

kemudian, Prof Aminudin Zuhairi, M.Ed., Ph.D. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “Pendidikan jarak jauh sebagai wahana demokratisasi pendidikan tinggi menuju keadilan sosial di Indonesia”. Menurutnya tema ini relevan karena pada era majemuk kita menghendaki penerapan sistem yang demokratis, berkeadilan sosial, memberi kesempatan luas dan fleksibel kepada warga negara dalam kondisi apapun, menggunakan media apapun, dan dimanapun berada untuk menempuh pendidikan tinggi berkualitas melalui sistem pendidikan jarak jauh. 

Terakhir, Prof. Dr. R. Benny Agus Pribadi, M.A. menyampaikan orasi ilmiah dengan judul “peran dan kontribusi teknologi pendidikan dalam peningkatan kualitas sumber daya manusia di Indonesia”. beliau menyampaikan bahwa sistem pendidikan harus menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas seperti penggunaan bidang teknologi pada pendidikan yang berfokus pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran memiliki potensi yang dapat dimanfaatkan secara optimal untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia di jenjang pendidikan.

Rangkaian kegiatan Pengukuhan Profesor Universitas Terbuka diakhiri dengan pengukuhan oleh Ketua Senat UT dengan mengalungkan Samir kepada keempat Profesor yang baru saja dikukuhkan sebelum dilanjutkan oleh pemberian buket oleh Rektor UT.