Kick Off Pembukaan Dies Natalis UT ke-38 dan Disporseni Nasional UT 2022

Setiap tahunnya, Universitas Terbuka (UT) selalu memperingati hari jadinya sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala yang telah dicapai oleh UT hingga saat ini. Tahun 2022 ini, UT akan memperingati Dies Natalis-nya yang ke-38. Ucapan syukur kepada Tuhan selalu dipanjatkan setiap detik demi detik untuk keberkahan yang dilimpahkan kepada UT hingga dapat memajukan pendidikan di Indonesia. Memulai rangkaian acara hari jadi, pada Rabu (22/06/2022), UT melaksanakan Pembukaan Dies Natalis ke-38 UT dan Disporseni Nasional UT 2022.

Acara ini dilaksanakan secara hybrid yaitu dengan luring yang bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC) Kantor Pusat UT Pondok Cabe, serta secara daring oleh seluruh pegawai baik yang ada di Kantor Pusat dan 39 UPBJJ-UT di seluruh Indonesia, termasuk oleh peserta Disporseni Nasional UT 2022 di tempat masing-masing. Acara besar ini dihadiri Rektor UT Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., yang juga didampingi oleh jajaran Wakil Rektor UT. Selain Rektor dan jajaran Wakil Rektor, acara ini juga turut dihadiri oleh Rektor UT periode 2001-2009 Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M. Sc., serta Rektor UT periode 2009-2017 sekaligus Ketua Dewan Guru Besar UT Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, beserta para Anggota Dewan Guru Besar UT.  Selain itu, seluruh Ketua Lembaga, Kepala Biro, dan Kepala Pusat UT pun turut hadir secara luring di acara ini.  Hadir pula perwakilan dari para mitra setia UT dari Bank BRI, Bank BTN, Bank Mandiri, Bank BNI, dan Bank BSI.

Setelah penayangan Video Kaleidoskop Dies Natalis UT ke-37 dan Disporseni Nasional Tahun 2021, serta seluruh hadirin menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Hymne Universitas terbuka, panjatan doa dilaksanakan untuk membuka acara yang dipimpin oleh Drs. Syaeful Mikdar, M.Pd. Beliau mengucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa dengan adanya rangkaian acara Dies Natalis ke-38 UT dan Disporseni Nasional UT 2022 merupakan ajang silaturahmi dengan semangat kebersamaan dan persaudaraan.  Seluruh hadirin tamu undangan pun senantiasa memanjatkan doa demi kebaikan UT dalam misinya untuk mengangkat harkat martabat bangsa Indonesia dalam bidang pendidikan.

Dr. Sofjan Aripin, M.Si. selaku Ketua Disporseni Nasional UT 2022 menyampaikan laporannya. Dies Natalis UT yang ke-38 ini mengusung tema “Bangkit dan Maju Bersama dalam Tatanan Baru UT PTN-Badan Hukum”. Kegiatan Dies Natalis UT ke-38 pada 2022 ini pun akan disemarakkan oleh 21 kegiatan yang dikelompokkan menjadi tiga tema besar, yakni Kegiatan Kewibawaan Akademik; Peningkatan Mutu Tata kelola; dan Peningkatan Daya Jangkau dan Layanan. Selain itu, sebagai salah satu rangkaian Dies Natalis UT yang ke-38, akan diselenggarakan pula Disporseni Nasional UT 2022 yang mengambil tema “Sportif, Inovatif, dan Kokoh dalam Tatanan Baru UT PTN-Badan Hukum.” Disporseni Nasional yang dilaksanakan secara rutin oleh Universitas Terbuka inipun akan melibatkan 15 (lima belas) cabang perlombaan dan pertandingan baik di bidang akademik maupun non-akademis. Kegiatan ini juga diharapkan mampu menjadi medium bagi para peserta untuk meningkatkan bakat, potensi, dan prestasi para peserta-pesertanya.

Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. selaku Rektor UT pun turut menyampaikan sambutannya. Beliau membuka sambutannya dengan menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak baik internal UT maupun pihak eksternal, yang selama ini sudah bahu-membahu, bekerja sama dalam mengembangkan UT selama 38 tahun, sehingga UT bisa mencapai titik seperti sekarang ini. Prof. Ojat pun mengajak seluruh tamu undangan untuk memanjatkan rasa syukur atas limpahan rahmat Tuhan Yang Maha Esa atas karunia-Nya sehingga UT dapat bertahan selama 38 tahun ini. Beliau pun berpesan dengan peringatan hari jadi UT yang ke-38 ini, menjadi semangat untuk maju sebagai PTN-BH. Hal ini merupakan langkah yang tepat untuk diambil UT demi meningkatkan kecepatan dan kelincahan UT dalam merespon segala dinamika perguruan tinggi di Indonesia. Sesi sambutan pun diakhiri dengan pemukulan gong oleh Rektor UT sebagai penanda simbolis bahwa rangkaian acara Dies Natalis ke-38 UT dan Disporseni Nasional UT 2022 telah resmi dibuka.

Mahasiswa UT yang berprestasi pun ikut diundang sebagai pengisi acara pada acara ini. Dina Agustin, mahasiswa FKIP UT yang merupakan Juara 1 Pencak Silat Terbuka, Paku Bumi Open IX Internasional tahun 2022, bersama dengan Kardina Ramadan, mahasiswa FST UT yang juga Juara 1 Olimpiade Sains Tingkat Nasional FKIP UISU Science Competition 2022, turut andil dalam acara dengan membacakan Janji Atlet.  Selain itu, digelar pula acara Temu Publik Figur  dengan narasumber 3 (tiga) mahasiswa UT yang sudah tidak asing lagi di Indonesia, bahkan di mata dunia. Muhammad Albagir, kiper kebanggaan Timnas Futsal Indonesia yang dianugerahi Penjaga Gawang Terbaik pada Piala AFF 2022, menjadi salah satu narasumber. Selain Albagir, Marvin Alexa yang juga anchor andalan Timnas Futsal Indonesia, serta peraih Medali Emas Olimpiade Sydney 2000 Candra Wijaya, juga menjadi narasumber pada segmen Temu Publik Figur ini. Ketiganya merupakan mahasiswa aktif Fakultas Ekonomi UT. Inti paparan dari tiga mahasiswa berprestasi internasional tersebut, siasat kuliah di tengah segala kesibukan mengikuti berbagai turnamen, kuncinya adalah MANAJEMEN WAKTU. Dengan kegigihan, prestasi akademik pun dapat mereka raih, terbukti Marvin Alexa (mahasiswa UPBJJ-UT Jakarta) mampu memperoleh IPK 3,64 dan Muhammad Al-Bagir (mahasiswa UPBJJ-UT Semarang) mampu memperoleh IPK  3,45. Demikian, UT dengan sistem pembelajaran jarak jauh yang memberikan flesibilitas belajar, dapat mendukung para atlet melanjutkan pendidikan di samping menjalankan tanggung jawab sosial mereka bagi bangsa.

UT pun turut memberikan apresiasi kepada kelima mahasiswa yang berprestasi tersebut. Diwakili oleh Rektor UT Prof. Ojat, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan Ir. Adi Winata, M.Si., serta Ketua Disporseni Nasional UT 2022 Dr. Sofjan Aripin, M.Si., dilakukan penyerahan Piagam Penghargaan untuk kelima mahasiswa berprestasi tersebut. Tidak lupa dilaksanakan pula foto bersama dengan mahasiswa-mahasiswa berprestasi tersebut.

Hiburan-hiburan pun turut disuguhkan untuk seluruh tamu undangan. Tarian Reog Ponorogo yang sarat dengan makna dan nilai-nilai, alunan merdu Musik Angklung oleh para karyawan UT dengan pembina Prof. Tian Belawati, serta “Go:SiB! Band” sebagai penutup pun disajikan untuk menghibur seluruh tamu undangan.

UT setiap harinya terus bertransformasi menjadi PTN-BH. Melalui tema Dies Natalis ke-38 ini, hal tersebut menjadi semangat baru dan motivasi ekstra bagi UT untuk terus berkomitmen dan meningkatkan mutunya sebagai Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ). Selain itu, dengan bertransformasi sebagai PTN-BH, diharapkan UT semakin mengokohkan capaiannya untuk menjadi yang terdepan dalam inovasi PTTJJ. Pelaksanaan Disporseni Nasional UT 2022 pun diselenggarakan dengan semangat ikatan kebersamaan menuju tatanan baru UT PTN-BH. Pembukaan Dies Natalis ke-38 dan Disporseni Nasional UT 2022 ini menjadi titik awal dari serangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan sebagai bentuk rasa syukur atas keberlangsungan UT selama 38 tahun ini. Dengan kerja sama dan sinergisitas seluruh pihak, maka akan terlaksana rangkaian kegiatan yang memberikan banyak manfaat bagi UT.