Rektor UT Serahkan SK Guru Besar Kepada Dua Dosen FKIP-UT

Rektor Universitas Terbuka Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., menyerahkan secara langsung SK Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru Besar kepada dua orang dosen UT pada Rabu (27/04/2022). Kedua dosen yang diangkat menjadi Guru Besar adalah Prof. Aminudin Zuhairi, Ph.D. dalam Bidang Ilmu Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, dan Prof. Dr. R. Benny Agus Pribadi, M.A. dalam bidang ilmu Teknologi Pendidikan. Hadir pula para Wakil Rektor, para Dekan Fakultas, para Ketua Lembaga, Kepala Pusat, serta para dosen dan staf FKIP. Kegiatan penyerahan SK dilakukan di Gedung Fakultas FKIP UT.

Acara diawali oleh sambutan oleh Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si., ketua panitia acara yang juga menjabat sebagai Kepala Unit Pelaksana Teknis Pengembangan Profesi UT. Dalam sambutannya beliau menyampaikan ucapan selamat kepada para dosen atas gelar guru besar yang diraih, serta memotivasi rekan dosen FKIP lainnya agar semangat meraih gelar guru besar. Pada kesempatan tersebut beliau menyampaikan bahwa saat ini dalam periode 2 (dua) minggu, Universitas Terbuka menghasilkan 3 (tiga) guru besar. Sebagai informasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan kini memiliki 11 guru besar.

Prof. Ojat menyampaikan bahwa pengangkatan guru besar ini merupakan sesuatu yang membahagiakan. Dirinya menekankan bahwa Guru Besar merupakan tahapan puncak dari jenjang akademis seseorang sehingga kontribusi yang diberikan oleh seseorang. Peran guru besar seharusnya dapat semakin dirasakan oleh lingkungannya, misal dengan memotivasi rekan-rekan dosen untuk mengikuti tahapan-tahapan untuk mendapatkan gelar guru besar. Tentunya baik Rektor maupun manajemen akan mendukung, serta memfasilitasi upaya dalam proses mendapatkan guru besar.

Namun demikian lain halnya dalam konteks penyelenggaraan UT sebagai sebuah PTTJJ. “Tidak masalah kita memiliki guru besar sedikit, yang paling penting yaitu bagaimana mengakses para guru besar, doktor, content expert, yang akan membantu UT, misal dalam pengembangan bahan ajar UT,” ujar Pak Rektor.

Selanjutnya acara diakhiri dengan penyerahan SK Guru Besar oleh Rektor kepada Prof. Aminudin Zuhairi, Ph.D. dan Prof. Dr. R. Benny Agus Pribadi, M.A., diikuti dengan ucapan selamat dari Rektor dan jajaran pimpinan, serta para rekan dosen dan staf FKIP yang hadir pada acara penyerahan SK guru besar tersebut.