Universitas Terbuka Berkomitmen Membuka Program Master Tentang ASEAN Studies

Dengan semangat untuk mempromosikan ASEAN dan mempererat hubungan antar negara anggota ASEAN, 5 Universitas Terbuka yang telah berkomitmen untuk membuka program Master dalam ASEAN Studies mengadakan the 10th ASEAN Studies Meeting di Bandung, Jawa Barat, pada 26-27 April 2013. Kolaborasi kelima Open University tersebut dikenal sebagai OU5 dan terdiri dari Hanoi Open University (HOU), Open University Malaysia (OUM), Sukhothai Thamathirat Open University (STOU), University of the Philippines Open University (UPOU), dan Universitas Terbuka (UT).

Sebagai tuan rumah, Rektor UT, Prof. Tian Belawati membuka pertemuan dengan mengenalkan kota Bandung sebagai salah satu kota bersejarah yang pernah menyelenggarakan konferensi Asia–Afrika. Ibu Tian menyampaikan bahwa pertemuan yang ke-10 ini ini merupakan bentuk nyata komitmen OU5 untuk merealisasikan kolaborasi penawaran program Master in ASEAN Studies yang telah dirintis.

Sebelum kegiatan diskusi berlangsung, dilakukan kegiatan soft launch program Advance Courses in ASEAN Studies dan website ASEAN Studies. Website tersebut diharapkan dapat menjadi sumber referensi tentang ASEAN Studies dan juga sebagai media untuk anggota OU5 saling berkomunikasi dan mendesiminasikan informasi terkait penyelenggaraan berbagai kerja sama yang ada. Dalam pertemuan tersebut, para delegasi menunjukan hasil kerja berupa buku materi ASEAN Studies yang telah dikembangkan oleh masing-masing universitas.

Delegasi dari OU5 diantaranya Prof. Dr. Mansor Fadzil, Assoc. Prof. Dr. Arifin Hj Zainal, dari OUM; Assoc. Prof. Chailerd Pitchitpornchai, M.D., Ph.D, Assoc. Prof. Dr. Porphant Ouyyanont, Ms. Rattip Phukkeson dari STOU; Dr. Nguyen Mai Huong, Dr. Ly Lan, Dr. Nguyen Van Dao dari HOU; Jean A. Saludadez, Ph.D., Prof. Grace J. Alfonso, Dr. Melinda F. Lumanta dari UPOU; serta Prof. Tian Belawati, Dr. Yuni Tri Hewindati, Suciati, Ph.D., Dr. Daryono, Dr. Tri Darmayanti dari UT.

Pada hari terakhir, para delegasi diajak lebih mengenal kota Bandung dan sangat terkesan menyaksikan kesenian angklung pada saat mengunjungi Saung Angklung Mang Udjo.