Rektor UT membuka resmi Konferensi Internasional di Madrid, Spanyol

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D, Rektor Universitas Terbuka yang menjabat sebagai President of ICDE (International Council for Open and Distance Education) membuka secara resmi UNED-ICDE International Conference 2013 pada Kamis, 7 Maret 2013 pukul 09.00 waktu setempat.

Konferensi ini merupakan salah satu dari konferensi internasional ICDE dan diselenggarakan oleh National Distance Education University (UNED), Madrid, Spanyol dengan tema “Mobilizing Distance Education for Social Justice and Innovation”. Dalam pembukaan, Rector UNED selaku tuan rumah turut menyampaikan sambutan kepada para peserta konferensi.

Konferensi ini dihadiri oleh para pejabat dan petinggi dari pemerintahan Spanyol dan ICDE yaitu Secretary of State for Education, Vocational Training and Universities, Spanyol, Mr. Montserrat Gomendio, Director of Educational Policies, the European Commission, Mr. Pierre Mairesse; anggota ICDE Board of Trustees & Executive Committee serta para pimpinan institusi anggota ICDE.

Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed, Ph.D dalam sambutannya menyampaikan penghargaan kepada para peserta konferensi juga kepada tuan rumah penyelenggara konferensi. Konferensi ini memberikan kesempatan besar bagi institusi pendidikan tinggi yang menerapkan pembelajaran terbuka, jarak jauh dan fleksibel serta lembaga pendidikan lainnya yang memanfaatkan metodologi berbasis teknologi Pendidikan Terbuka dan Jarak untuk berbagi informasi, pengetahuan dan pengalaman dengan peserta dari seluruh dunia. Konferensi ini merupakan arena yang sangat inovatif dan informatif bagi pihak yang berkepentingan yang ingin menerapkan Open Distance Learning (ODL) dan Open Educational Resources (OER).

Sehari sebelum dibuka acara konferensi tepatnya pada Rabu, 6 Maret 2013 pukul 16.00 waktu setempat, Rektor UT yang didampingi oleh Pembantu Rektor II berkesempatan bertemu dengan Ibu Duta Besar RI di Madrid yang difasilitasi oleh KBRI Madrid. Tidak lupa Rektor UT menyampaikan terima kasih atas perhatian dan keramahan KBRI Madrid. Pertemuan singkat ini sangat bermanfaat dan membuka dialog mengenai pemberian layanan pendidikan tinggi jarak jauh bagi masyarakat Indonesia yang berada di Spanyol melalui KBRI dalam rangka menindaklanjuti MoU antara Kemenlu dengan UT.