Webinar AAOU Pertama Tahun 2020

Di tengah pandemi Covid-19, seluruh aspek kehidupan harus tetap berjalan termasuk di bidang pendidikan. Kondisi saat ini menuntut masyarakat untuk melaksanakan pendidikan tanpa tatap muka secara langsung guna mengacu Protokol Kesehatan Covid-19 yang berlaku, yaitu pembatasan fisik (physical distancing) untuk mencegah penularan Covid-19. Oleh karena itu, Sekretariat Asian Association of Open Universities (AAOU) menyelenggarakan Seminar Web (Webinar) yang pertama dari serangkaian "AAOU Presidential Speech Series  bertema Responding COVID-19 to Remove Barriers: Access, Equity and Inclusion” secara virtual melalui platform Microsoft Teams, Kamis (04/06/2020).

Webinar yang diikuti oleh dua ribu peserta ini melibatkan dua narasumber, yaitu Prof. Dato` Dr Mansor Fadzil (Presiden Open University Malaysia/OUM) dan Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D (Presiden AAOU; Rektor Universitas Terbuka), dengan moderator Prof. Daryono, S.H., M.A., Ph.D. Adapun tujuan dari terselenggaranya webinar ini untuk  menggali, ide, dan praktik terbaik dari sistem Pendidikan Jarak Jauh.

Prof. Dato` Dr Mansor Fadzil mengangkat sub tema Transformative Online Pedagogies. Prof. Dato menyampaikan bahwa pandemi Covid-19 berdampak pada peningkatan penggunaan internet dan jumlah yang mengakses sumber pelajaran digital. Sumber belajar digital dapat diakses kapan pun dan dimana pun asalkan terhubung dengan akses internet. Prof. Dato juga berpesan bahwa di era abad ke-21, masyarakat dituntut untuk memiliki kemampuan kreativitas, berfikir kritis, kemampuan komunikasi, dan kolaborasi.

Dalam presentasinya sekaligus pidato pertamanya sebagai Presiden AAOU 2020-2022, Prof. Ojat, mengangkat subtema Innovative Learning Designs for Student`s Success. Menurut Prof. Ojat, pelajaran yang dapat dipetik dari pandemi Covid-19, yaitu teknologi mendukung kualitas pendidikan tetapi tidak dapat menggantikan peran guru, ikatan yang baik dengan pelajar mendukung kesuksesannya, dan penilaian secara online menjadi fokus utama. UT juga membuka peluang kerja sama bagi institusi lain di Indonesia yang ingin mengembangkan pembelajaran daring.

Webinar AAOU pertama  dari serangkaian webinar dua bulanan (bimonthly webinar) ini mendapatkan respon positif, dari berbagai kalangan, tidak hanya dari dalam negeri tetapi juga dari luar negeri. Hal tersebut ditinjau dari angka partisipasi aktif peserta yang mendaftar, angka kehadiran,  dan pertanyaan yang diberikan pada sesi tanya jawab. Di penghujung acara, Sekretaris Jenderal AAOU 2020-2022, Rahmat Budiman, Ph.D.  menutup acara webinar sekaligus mengundang para peserta untuk bergabung kembali pada webinar selanjutnya.