UT Lakukan Upacara Penyerahan Ijazah dan Sosialisasi Edukasi Layanan UT di Qatar, Oman, dan Bahrain

Dalam rangka mengenalkan Universitas Terbuka (UT) dan mengoptimalkan layanan mahasiswa UT yang berada di luar negeri, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. didampingi oleh Kepala Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri (PPMLN), Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. memenuhi permintaan pengurus kelompok belajar mahasiswa dan Duta Besar RI di tiga negara di Timur Tengah untuk melaksanakan kegiatan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI). Acara berlangsung di Oman, Qatar, dan Bahrain pada tanggal 18-25 Desember 2019.

Kegiatan pertama dilakukan di Oman (19/12/2019). Pada kegiatan ini diadakan pertemuan antara Rektor, Kepala PPMLN dengan Duta Besar RI untuk Oman, Musthofa Taufik Abdul Latif, yang juga didampingi oleh Pensosbud KBRI Muscat-Oman serta Pengurus Pokjar UT Oman. Pertemuan ini berlangsung di KBRI Muscat-Oman.

Kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan edukasi mengenai UT di dua wilayah yaitu Sohar dan Muscat. Sosialisasi dilangsungkan di Hotel Radisson, dihadiri oleh 50 warga negara Indonesia. Pada hari berikutnya (20/12/2019), diadakan sosialisasi dan edukasi UT di Muscat di Kantor KBRI Muscat yang dihadiri oleh 36 warga negara Indonesia yang berdomisili di Muscat.

Pada tanggal 21-22 Desember 2019, dilaksanakan Upacara Penyerahan Ijazah (UPI) kepada 10 wisudawan UT di Qatar, pada kesempatan yang sama, dilaksanakan penandatanganan PKS antara Rektor dan Dubes RI untuk Qatar, sosialisasi dan promosi UT bagi warga negara Indonesia di Qatar. Kegiatan UPI dihadiri oleh Duta Besar RI untuk Qatar, Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Basri Sidehabi, Rektor UT, Pensobud KBRI Doha-Qatar, Meity Suhariah, para Pejabat di lingkungan KBRI Doha, Kepala PPMLN, Pengurus Pokjar UT-Qatar, mahasiswa UT Qatar, keluarga wisudawan, dan masyarakat Indonesia yang berdomisili di Doha-Qatar. Dalam kesempatan ini, Dubes RI untuk Qatar berharap kerja sama UT dengan KBRI Doha dapat terus dijaga dan berharap UT dapat terus melayani masyarakat Indonesia di Qatar. Pada kesempatan yang sama, Rektor UT menyampaikan bahwa UT terus berupaya memberikan layanan yang lebih baik sehingga dapat meningkatkan jumlah minat masyarakat Indonesia untuk mengikuti pendidikan di UT.

Sosialisasi dan edukasi UT selanjutnya dilaksanakan di KBRI-Manama Bahrain (23/12/2019). Kegiatan ini diawali oleh sambutan oleh Dubes RI untuk Bahrain, Nur Syahrir Rahardjo, kemudian dilanjutkan dengan presentasi mengenai pengenalan UT kepada masyarakat Indonesia yang disampaikan oleh Kepala PPMLN.

Pelaksanaan sosialisasi dan edukasi UT di Oman, Qatar, dan Bahrain ini disambut baik oleh para mahasiswa dan masyarakat Indonesia yang berdomisili di masing-masing wilayah tersebut.