UT Kembali Mengukuhkan Guru Besar

Universitas Terbuka kembali mengukuhkan Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik pada Selasa, 15 November 2016. Pengukuhan tersebut di lakukan bersamaan dengan kegiatan Upacara Wisuda UT Periode IV Wilayah 1 tahun 2016 bertempat di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Upacara wisuda ini dihadiri oleh para senat, pimpinan, dewan pengawas UT, tamu undangan serta para wisudawan dari berbagai fakultas yang berjumlah 993 wisudawan.

Prof. Dr. Karnedi, S.S., M.A, dikukuhkan menjadi Guru Besar yang di pimpin dan disaksikan secara langsung oleh Ketua Senat Universitas Terbuka yang juga Rektor UT, Prof. Ir. Tian Belawati, M.Ed., Ph.D dan para anggota senat lainnya. Melalui orasi ilmiahnya yang berjudul “Kajian Interdisipliner, Transdisipliner, dan Lintas Budaya dalam Konteks Pendidikan Terbuka Demi Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia Indonesia“ dikatakan bahwa berbagai upaya telah dilakukan untuk meningkatkan kapasitas SDM Indonesia, selama lebih dari 32 tahun, UT dalam konteks pendidikan terbuka telah memberikan kontribusi yang berarti terhadap upaya kolektif ini, termasuk pemberian pendidikan dan pelatihan terhadap calon penerjemah profesional. Menurutnya, profesi penerjemah sangat dibutuhkan di era globalisasi yang ditandai derasnya arus lokalisasi unsur-unsur bahasa dan budaya asing melalui produk luar negeri kedalam bahasa Indonesia. Setelah penyampaian orasi ilmiah tersebut Prof. Karnedi mengucapkan berbagai rasa terima kasih kepada Pimpinan UT beserta jajarannya, keluarga dan para kerabat atas dikukuhkannya menjadi Guru Besar. Prestasi tersebut menurutnya juga dapat menjadi motivasi bagi para dosen dan peneliti di lingkugan civitas akademika UT.

wisuda_15_November_2016

Pada wisuda kali ini, Rektor UT dalam sambutan menekankan kembali apa yang telah disampaikan dalam temu wicara satu hari sebelumnya, untuk menitipkan nama baik UT kepada wisudawan dengan cara menunjukkan kontribusi nyata dan kinerja terbaik pada bidang kerja masing-masing. Kemudian, Rektor juga mengajak kepada wisudawan setelah pulang ke daerahnya untuk mengambil peran secara aktif dan menjadi agent of change sekaligus menjadi katalis peningkatan kapasitas SDM di daerah masing-masing.

Upacara wisuda tersebut berlangung secara tertib dan lancar, salah satu hal yang menarik adalah terdapat pasangan suami-istri yang berhasil diwisuda secara bersamaan. Selain itu, UT juga memberikan penghargaan kepada wisudawan serta tutor berprestasi yakni Drs. Dudung Priatna, M.Pd. Kegiatan upacara wisuda tersebut ditutup dengan ucapan selamat dari para pimpinan UT, keluarga dan kerabat kepada Prof. Karnedi.