Workshop Penyamaan Persepsi Penulisan BMP FISIP UT Tahap I

Buku Materi Pokok (BMP) mempunyai peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran mahasiswa di pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTTJJ) seperti Universitas Terbuka (UT). BMP adalah media utama dalam pembelajaran di sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh

serta mempunyai karakteristik yang sangat berbeda dengan buku teks pada umumnya. Karakteristik BMP UT adalah self-contained (utuh-lengkap) artinya seluruh substansi mata kuliah yang diperlukan mahasiswa tersedia, self-instruction (membelajarkan mahasiswa), yaitu menyajikan berbagai kegiatan/ pengalaman belajar yang dilengkapi contoh dan ilustrasi sehingga mendorong dan membantu mahasiswa untuk berinteraksi dan belajar secara mandiri.

Dalam pengembangan BMP, penulis BMP merupakan komponen sangat penting dari tim pengembang, oleh karena itu kepakaran dan komitmen penulis sangat diperlukan. Untuk itu FISIP-UT melaksanakan kegiatan Workshop Penyamaan Persepsi Penulisan Buku Materi Pokok (BMP) tahap I tanggal 23 – 25 Februari 2012. Pada kegiatan ini akan dihasilkan 36 Rancangan Matakuliah (RMK) dan telah melalui hasil diskusi antara para pengampu dengan penulis modul. Kegiatan ini diikuti oleh 44 penulis BMP dari berbagai perguruan tinggi dan praktisi, antara lain dari UI Jakarta, BII, Jakarta, Dirjen Pajak Jakarta, IIP Jakarta, ANRI Jakarta, IPB Bogor, UNPAD Bandung, UNS Surakarta, UGM Yogyakarta, UNUD Bali dan Perpustakaan BPPT. Dalam akhir sambutannya Dekan FISIP Daryono, Ph D mengucapkan terimakasih atas kesediaan dan partisipasi para penulis dalam rangka pengembangan BMP FISIP. Acara selanjutnya diberikan pembekalan tentang desain instruksional oleh Dr Benny Pribadi, MA.