Workshop Pengembangan Bahan Ajar Cetak FMIPA-UT Tahap I Tahun 2013

Dalam rangka menghasilkan Bahan Ajar Cetak (BAC) yang berkualitas, tahun 2013 FMIPA-UT kembali mengadakan kegiatan workshop pengembangan BAC Tahap I yang dilakukan pada tanggal 7-9 Maret 2013.

Tujuan workshop ini adalah untuk menyamakan persepsi tentang penulisan BAC dan agar penulisan serta penelaahan BAC dapat selesai tepat waktu.

Acara dimulai pada tanggal 7 Maret 2013 pukul 09.30, dibuka oleh Pembantu Rektor I, Dr. Yuni Tri Hewindati. Pada sambutannya, Pembantu Rektor I menjelaskan bahwa bahan ajar cetak (modul) UT merupakan bahan ajar utama yang didesain untuk dapat digunakan secara mandiri tanpa bantuan tutor. Oleh karena itu, peran penulis sangat penting dalam menuangkan materi perkuliahan ke dalam bahasa yang komunikatif dan interaktif.

Setelah sambutan Pembantu Rektor I, acara dilanjutkan dengan sambutan Dekan FMIPA, Dr. Nuraini Soleiman, M.Ed., yang mengingatkan bahwa ketepatan penyelesaian penulisan modul sangat penting, mengingat proses produksi setelah penulisan masih sangat panjang. Penulis diharapkan dapat terus berkomunikasi dengan pengampu mata kuliah dan penelaah, sehingga proses penulisan dan penelaahan modul berlangsung tepat waktu.

Agar penulis dapat lebih memahami mengenai modul UT, maka acara dilanjutkan dengan presentasi materi pengembangan Bahan Ajar Cetak UT oleh drh. Ida Malati Sadjati, M.Ed. selaku ahli desain instruksional UT. Selama dua sesi, drh. Ida Malati Sadjati, M.Ed. memberikan gambaran tentang pengembangan Rancangan Mata Kuliah (RMK) dan penulisan modul UT. Menurutnya karakteristik modul UT harus self-contained yakni seluruh substansi mata kuliah yang diperlukan mahasiswa tersedia didalam modul, dan self-Instructional yakni menyajikan berbagai kegiatan/pengalaman belajar yang dapat mendorong dan membantu mahasiswa untuk berinteraksi dan belajar secara mandiri. Dengan penjelasan mengenai desain instruksional tersebut, para penulis diharapkan dapat menghasilkan modul UT yang berkualitas tinggi.