Workshop Penelaahan Kualitas Substansi BAC FMIPA oleh Pakar Eksternal

Bahan Ajar Cetak (BAC) dalam proses pembelajaran di UT merupakan sumber belajar utama sekaligus sebagai pengganti dosen. Kualitas BAC yang baik akan sangat membantu mahasiswa dalam memahami materi pembelajaran. Interaktivitas dalam setiap modul pada BAC sangat diperlukan, di samping juga kejelasan bahasa dan struktur materi yang tersusun sesuai dengan kompetensi yang diharapkan.

Untuk mencapai harapan tersebut, FMIPA-UT menyelenggarakan “Workshop Penelaahan Kualitas Substansi BAC oleh Pakar Eksternal” pada tanggal 24-26 April 2013. Tujuan penyelenggaraan workshop adalah memutakhirkan materi BAC secara berkala; menyesuaikan materi BAC dengan perkembangan iptek; dan memberi masukan bagi revisi BAC di masa mendatang. Sebagai informasi, revisi BAC di UT dilakukan setelah umur BAC mencapai maksimum 7 tahun.

Acara workshop ini dihadiri oleh para Pembantu Dekan dan para Kajur/ Kaprodi di lingkungan FMIPA-UT. Para pakar bidang ilmu yang hadir berasal dari beberapa perguruan tinggi, yaitu IPB, ITB, UNPAD, UNDIP, Universitas Andalas, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, dan Universitas Mataram. Selain para penelaah, hadir juga para pengampu mata kuliah dari FMIPA-UT yang siap mendampingi para penelaah dalam proses penelaahan substansi BAC. Semoga acara workshop ini dapat meningkatkan kualitas BAC UT yang pada akhirnya juga dapat meningkatkan kualitas pendidikan di tanah air. Selain itu workshop ini diharapkan dapat meningkatkan kerja sama UT dengan universitas lain di seluruh Indonesia. (Ernik)