Workshop Penelaahan Bahan Ujian FKIP-UT 2014

Seiring berkembangnya institusi pendidikan tinggi jarak jauh yang diikuti dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menuntut UT untuk meningkatkan kualitas bidang akademik sehingga dapat lebih kompetitif baik di tingkat nasional maupun internasional. Untuk menjadi PTTJJ berkualitas dunia, UT harus menerapkan best practices PTTJJ di dunia sebagai dasar acuan pengembangan program akademik UT. Peningkatan kualitas dan relevansi akademik UT pada kurun waktu 2010 – 2021 akan difokuskan salah satunya adalah dalam peningkatan Kualitas Evaluasi Hasil Belajar.

 

Evaluasi hasil belajar (EHB) yang dilaksanakan oleh UT terdiri dari: Tugas Matakuliah (TM), laporan praktek/praktikum, Ujian Akhir Semester (UAS), Tugas Akhir Program (TAP) untuk program sarjana, dan Project/tesis untuk program magister. Bahan UAS, TM, dan TAP dikembangkan dengan prosedur dan format yang telah distandardisasi.

 

Dalam rangka menghasilkan Bahan UAS dan TAP yang berkualitas dengan mengacu pada kisi-kisi yang telah ditentukan, FKIP-UT menyelenggarakan Workshop Penelaahan Bahan Ujian yang dilakukan di Wisma 2 Lantai 1 Universitas Terbuka pada tanggal 21 sampai dengan 23 Agustus 2014.

 

Kegiatan Workshop tersebut dibuka oleh Pembantu Dekan I FKIP-UT Dr. Amalia Sapriati, M.A. dan dihadiri oleh para Pembantu Dekan, Ketua Jurusan, Ketua Program Studi di lingkungan FKIP-UT dan tentu saja para penelaah bahan ujian yang merupakan para dosen FKIP-UT. Dalam sambutan dan arahannya, PD I FKIP-UT menekankan agar target pengembangan bahan ujian tahun 2014 dapat segera diselesaikan. Hal lain yang harus diperhatikan melalui kegiatan ini diharapakan kualitas bahan ujian dapat ditingkatkan.

 

Pada workshop penelaahan bahan ujian ini tugas para penelaah sangatlah penting dalam menghasilkan bahan ujian yang berkualitas, dimana mereka memiliki tugas sebagai berikut.

a. Mengecek kesesuaian soal dengan kisi-kisi soal UAS beserta kompetensi  danindikatornya;

b. Mengecek seluruh identitas soal, butir soal, dan rambu-rambu penyelesaian  soal beserta kunci jawaban pada template soal atau format penulisan soal objektif;

c.  Memperbaiki dan menyerahkan hasil penelaahan.

 

Adapun target penulisan ketersediaan bahan ujian yang menjadi prioritas Bank Soal FKIP-UT berjumlah 37 mata kuliah dengan pengembangan soal setara 141 set, Kisi-kisi 30 MK; tes uraian dan Listening 46 set; TAP 24 set dan LM 34 set.