Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul

Universitas Terbuka melaksanakan upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada 2 Mei 2014 pukul 07.30 WIB di pelataran parkir samping gedung UTCC (Universitas Terbuka Convention Center).

Pembina Upacara pada peringatan Hari Pendidikan Nasional adalah Pembantu Rektor II UT, Dra. Dewi Artati Padmo Putri, MA., Ph.D. Bertindak sebagai petugas upacara adalah Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP). Tema yang diambil pada Hardiknas 2014 ini adalah Pendidikan untuk Peradaban Indonesia yang Unggul.

Masih pada tempat yang sama, kegiatan diisi dengan pemberian Penghargaan Satya Lancana Karya Satya untuk 30 tahun sebanyak 2 orang, 20 Tahun sebanyak 21 orang dan 10 Tahun sebanyak 7 orang. Penyematan Satya Lancana Karya Satya tersebut dilakukan oleh Pembina Upacara.

Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Bapak Muhammad Nuh dibacakan oleh Pembina Upacara. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan setinggi–tingginya kepada seluruh insan pendidikan, pemerintah daerah, organisasi yang bergerak di dunia pendidikan dan pemangku kepentingan lainnya atas segala ikhtiar, kepedulian dan perhatian yang telah telah diberikan dalam memajukan dunia pendidikan. Selain itu, beliau juga menyampaikan ucapan ”Selamat Hari Pendidikan Nasional, tanggal 2 Mei 2014”. Semoga segala ikhtiar kita yang terus menerus untuk memajukan dunia pendidikan yang menjadi semakin terjangkau, semakin berkualitas di seluruh jenjang pendidikan bagi seluruh rakyat Indonesia dapat segera membuahkan hasil. Atas nama dan pribadi, Beliau juga menyampaikan ucapan terimakasih atas dukungan selama beliau menjadi Menteri Pendidikan dan kebudayaan selama ini karena Tahun 2014 ini adalah tahun terakhir bagi beliau menjalankan amanah sebagai Menteri Pendidikan dan kebudayaan, serta permohonan maaf setulus-tulusnya atas kekurangan, kelemahan dan kekhilafan selama menunaikan amanah tersebut.

Setelah membacakan sambutan Mendikbud, Pembina Upacara menyampaikan permintaan maaf dari Rektor UT yang tidak dapat hadir pada upacara ini dan terimakasih yang setinggi-tingginya untuk komitmen dan kerja keras para pegawai yang tetap optimal selama ini. Beliau juga menambahkan kedepannya UT akan melaksanakan rangkaian acara Dies Natalis UT ke -30 Tahun mulai 13 Maret – November 2014, jadwal lengkap dapat dilihat di website Dies Natalis UT ke 30.