Pegawai UPBJJ-UT Surabaya Lakukan “Aksi Jum’at Bersih”

Kepala UPBJJ-UT Surabaya, Teguh Prakoso secara bertahap terus melakukan pembenahan terhadap berbagai aspek di UPBJJ-UT Surabaya, manajemen, sosprom, kesejawatan, maupun fisik. Jum’at, 17 April 2015 seluruh pegawai UPBJJ-UT Surabaya melakukan ”Aksi Jum’at Bersih” (Clean Friday) di lingkungan kerja masing-masing (clean desk). Dalam kehidupan masyarakat Indonesia, hari Jum’at telah dianggap sebagai ”a day of social learning and character building.”

Seperti juga disampaikan oleh Teguh Prakoso di sela-sela kegiatan, tujuan aksi Jum’at Bersih adalah tidak hanya untuk menciptakan ruang kerja yang lebih nyaman dan lapang untuk ditempati, sehingga para pegawai lebih betah bekerja dan lebih produktif. Aksi ini juga dimaksudkan untuk membangun kebersamaan, kekeluargaan, kesatuan dan kerukunan antar-pegawai sehingga tercipta kehidupan komunitas yang utuh, damai, rukun dan harmonis.

“Teman-teman....Jumat Bersih ya.....”, kata Kasubbag TU, Sudewo. Para pegawai tampak antusias menyambut ajakan ini. Tepat pukul 08.00 s.d 10.00 WIB seluruh pegawai mulai membersihkan lingkungan kerja masing-masing (clean desk). Sementara beberapa teman Office Boys dan teman lain di bawah pimpinan Eko Priyono, mengatur penataan BMP di Ruang Modul. Tak ada sekat pemisah antara pimpinan dan pegawai. Semua larut dalam aksi bersama untuk menciptakan lingkungan kerja yang bersih, nyaman, dan sehat. “Sangat bagus untuk melepaskan kejenuhan kerja dan refreshing sejenak,” kata Barokah. “Oklek, ada woyo-woyonya,” sambut Aly Fauzi. Hanya saja kata Imam, “aksi ini hanya sebagai triger, yang lebih penting adalah bagaimana membentuk pemikiran, sikap, dan perilaku hidup bersih dan sehat.”

Tepat pukul 10.00 WIB Aksi Jum’at Bersih pun selesai, dan meja kerja para pegawai pun tampak lebih bersih, lebih nyaman, dan lebih sehat. Sebagai penawar lelah, telah disiapkan makan ringan dan sederhana seperti bubur kacang hijau dan rebusan (kacang/pisang/singkong), dan tak lupa minuman segar yang terbuat dari gula aren dicampur jahe yang dibawa oleh Didik Ismunanto dari Pulau Bawean. Sungguh menyegarkan dan memulihkan kesegaran badan setelah bekerja.