UT Bersama Asosiasi Rektor Merah Putih Gelorakan Deklarasi Kebangsaan

“Saya Indonesia, Saya Pancasila, NKRI Harga Mati, Merdeka... Merdeka... Merdeka...”. Itulah akhir kata dari Deklarasi Kebangsaan yang dibacakan seluruh peserta Apel Deklarasi Kebanggsaan pada 16 Agustus 2023 di Mako Brimob POLRI di Kelapa Dua, Depok. Pembacaan ini dipandu oleh tiga orang perwakilan dari Perguruan Tinggi. Salah satunya adalah Nida Aprillia, Mahasiswi UT jurusan S1 ilmu Perpustakaan UT Bogor tahun 2020, Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., dan Rektor Unimal Prof. Dr. Herman Fithra Asean Eng.

Apel Deklarasi Kebangsaan diikuti oleh para Rektor yang tergabung di Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTNI) dan Asosiasi Rektor Merah Putih (ARMP) beserta civitas akademika, dan personel Brimob yang berjumlah lebih dari 2000 orang, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI ke-78 dengan tema “Terus Melaju untuk Indonesia Maju”.

Apel Deklarasi Kebangsaan

Pada Apel Deklarasi Kebangsaan tersebut juga dilaksanakan Penandatanganan MoU antara Dankorbrimob dengan Ketua Asosiasi Rektor Merah Putih (ARMP) Serta Antara Dankorbrimob dengan Ketua Majelis Rektor PTN Indonesia. Sebagaimana kiketahui Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. adalah Ketua Dari Asosiasi Rektor Merah Putih Yang Dalam Kesempatan Penandatangan Mou tersebut diwakili oleh Wakil Ketua ARMP, Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes. Kerja Sama Perihal Penyelenggaraan Pendidikan dan Pengajaran, Penyediaan Akademisi, Penyediaan Tenaga Ahli, Pemanfataan Sarana dan Prasarana, Penelitian dan Pengembangan, Pengabdian kepada Masyarakat (Tri Dharma Perguruan Tinggi), dan Pemanfaatan Sumber Daya Manusia, serta kegiatan lain yang disepakati.

Ketua Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri Indonesia (MRPTNI) yakni Rektor Universitas Negeri Padang (UNP) Prof. Ganefri, M.Pd., Ph.D. selaku pembina Apel Deklarasi Kebangsaan kali ini menyampaikan atas nama keluarga besar perguruan tinggi yang ada di Indonesia mengucapkan terima kasih kepada Korps Brimob POLRI yang telah mengajak Civitas Akademika untuk mengajak dan menanamkan kembali, mendeklarasikan nilai-nilai kebangsaan tersebut.

MoU di Deklarasi

“Sesuatu yang luar biasa dari bangsa Indonesia keterpaduan bangsa ini akan semakin kuat dan solid, apabila setiap elemen bangsa bergandeng tangan dan bersatu, karena kita adalah Indonesia” ucap Komandan Korps Brimob Polri, Komisaris Jenderal Polisi (Komjen Pol.), Drs. Anang Revandoko, M.I.Kom. dengan semangat dalam sambutannya setelah acara penandatanganan. “Ini menjadi  suatu sejarah, pada 16 Agustus 2023 dimana para akademisi, para tokoh hebat, para pemikir bangsa, para Rektor  di Indonesia bersatu padu dan bergandengan tangan untuk Indonesia Raya,” tambah Komjen Pol. Anang.

Dalam wawancaranya dengan beberapa media, Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan UT, Dr. Paken Pandiangan M.Si., menyampaikan, ”Perguruan tinggi merupakan garda terdepan untuk memperkuat dan memperkokoh NKRI melalui para mahasiswanya. Dengan menghadiri deklarasi kebangsaan ini, diharapkan seluruh insan kampus dapat memberikan wawasan kebangsaan untuk menumbuhkan kembali jiwa kebangsaan”. Pada kesempatan tersebut Pak Paken pun menyampaikan, bahwa UT menghadirkan mahasiswa dari Jakarta yang digawangi oleh Direktur UT Jakarta, Ir. Edward Zubir, M.M. serta mahasiswa Bogor yang dikawal oleh Direktur UT Bogor,  Dr. Enang Rusyana, M.Pd. Ada sejumlah hampir 500 mahasiswa UT mengikuti Apel dan Deklarasi Kebangsaan ini.