Pelantikan Satgas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual UT Periode 2022-2025

Universitas Terbuka (UT) berkomitmen menciptakan iklim akademik yang aman nyaman dan produktif untuk seluruh sivitas akademika dari kekerasan seksual. Oeh karena itu dibentuk Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (SATGAS PPKS) UT melalui SK Rektor Nomor 8/UN31/HK.02/2023.

Pelantikan Satgas PPKS berlangsung pada 13 Juli 2023 bertempat di Gedung Prof Setijadi Universitas Terbuka Jl. Pondok Cabe Tangerang Selatan. Satgas PPKS yang dilantik yaitu sebanyak 23 orang yang terdiri dari dosen, tendik dan mahasiswa. Pelantikan oleh Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. Wakil Rektor Bidang Keuangan, Sumber Daya, dan Umum, Universitas Terbuka.

Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. berharap dengan adanya Satgas PPKS UT, sivitas akademika UT dapat beraktivitas dengan aman dan nyaman. Menurut Dr. Mani Festati Broto (selaku Ketua Satgas PPKS-UT), “Adanya Satgas PPKS UT memberi sinyal komitmen UT untuk menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi seluruh civitas akademika”.

Pelantikan Satgas PPKS UT ini dihadiri oleh Inspektur Jenderal (Irjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Risert dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI dan juga Plt. Staf Ahli Menteri Bidang Regulasi Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H., dan Kepala Pusat Sumber Daya Manusia UT Dr. Agus Joko Purwanto, M.Si. Dalam sambutannya Dr. Chatarina Muliana, S.H., S.E., M.H. mengingatkan bahwa Satgas dalam menjalankan tugasnya senantiasa berpihak pada korban. “Prinsip yang harus dijaga adalah berpihak kepada korban kekerasan seksual,” sambung Bu Catharina.

Acara pelantikan Satgas PPKS UT dilanjutkan dengan pelatihan penguatan kapasitas Satgas PPKS-UT dalam melaksanakan tugasnya oleh narasumber yang ahli dalam bidangnya antara lain Prof. Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M.Hum., Prof. Dr. Emy Susanti, Dra., M.A., Prof. Alimatul Qibtiyah, S.Ag., M.Si., Ph.D., Dr. dr Natalia Widiasih, SpKJ (K), Dr. Nathanael Sumampouw M.Sc. M.Psi, Maria Yulinda Ayu Natalia, M.Psi. dan perwakilan dari Polda Banten.