UT Menjadi Tuan Rumah Pertemuan Penelitian Kolaborasi Internasional

Universitas Terbuka (UT) sebagai pelopor pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia senantiasa menjadi incaran perguruan tinggi di dunia untuk dapat berkolaborasi dalam berbagai bidang untuk memperoleh tujuan yang positif untuk kemajuan pendidikan anak bangsa.

Pada 11-14 Juni 2023, UT menjadi tuan rumah tuan rumah kegiatan Better University Knowledge for All (BUKA) Project Meeting. Kegiatan BUKA Project ini merupakan kegiatan penelitian kolaborasi yang diketuai oleh Tampere University of Applied Sciences (TAMK) Finland yang berlangsung selama tiga tahun dari tahun 2020. Mitra universitas lainnya meliputi Dublin City University (DCU) Ireland, di Malaysia meliputi Open University Malaysia (OUM) dan Wawasan Open University (WOU) Malaysia, di Philippines meliputi University of the Philippines Open University (UPOU) dan Mindanao State University–Iligan Institute of Technology (MSU-IIT) Philippines, dan di Indonesia: Universitas Negeri Padang (UNP). 

BUKA Project didanai oleh European Union dan Erasmus+ yang bertujuan untuk meningkatkan pemerataan akses dan kualitas pendidikan tinggi di Asia Tenggara melalui pembelajaran terbuka dan jarak jauh, khususnya di Indonesia, Malaysia, dan Philipina dengan penggunaan inclusive instructional design, learning analytics, dan digital access. Pertemuan BUKA Project Meeting Tahap I ini merupakan pertemuan tahun terakhir untuk mempersiapkan BUKA Conference dan BUKA Handbook sebagai luaran dari BUKA PROJECT. Rangkaian kegiatan BUKA project meeting 2023 meliputi BUKA Sharing Session yang menyajikan hasil-hasil penelitian yang disampaikan oleh perwakilan setiap mitra universitas dalam rangka diseminasi hasil research project. Selain itu, BUKA Meeting juga membahas persiapan BUKA Conference yang akan dilaksanakan di Penang, Malaysia pada Oktober 2023 mendatang. Tujuan dari kegiatan ini adalah cek progress project BUKA yang fokus di Asia Tenggara, finalisasi handbook BUKA Advising, dan evaluasi project Europe Union dan Erasmus Plus.

Pelaksanaan BUKA Meeting pada 12 Juni 2023, berlokasi di UT Pusat tepatnya yang dihadiri oleh Rektor UT yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerjasama dan Bisnis, Wakil Rektor Bidang Akademik, Ketua LPPM, Para Dekan, Direktur Sekolah Pascasarjana, Direktur UT Serang, Bogor dan Bandung. Delegasi yang hadir ke kegiatan ini antara lain adalah Hanna Teras, Esa Kujansuu, Marianna Leikomaa dari Finlandia. James Brunton dari Dublin City, Irlandia. Prof. Prakash V. Arumugam, Dr MD Rosli Ismail, Thirumeni T Subramaniam, Dr Aliza Ali dari Malaysia. Amelia Bulan, Dante Dinawanao dari Filipina, dan Dr. Ananda Putra, Bayu MS,c., Wiki Lofandri dari Padang. Demikian yang disampaikan oleh Ketua Panitia kegiatan BUKA Project Meeting, Prof Daryono yang juga merupakan Ketua Pusat Riset dan Inovasi PTJJ. Delegasi dijamu dengan baik oleh UT pada kedatangan tanggal 11 Juni 2023 di Pantai Indah Kapuk. Delegasi pun disajikan dengan tarian tradisional dan makanan Indonesia. Prof. Daryono pun menyampaikan laporan sejauh mana project BUKA ini telah berjalan dari mulai 2020 hingga penutupan meeting ini di tahun 2023. Titik akses internet yang diberikan pada BUKA project ini mencakup wilayah Jawa Tengah dan Jawa Barat tepatnya di lima titik.

Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis, Rahmat Budiman, Ph.D., menyampaikan salam dari Rektor UT kepada para delegasi dan menyampaikan apresiasi kepada Tim BUKA Project yang dapat membantu membuka akses pendidikan untuk masyarakat Indonesia sehingga memiliki internet yang memadai untuk pendidikan Indonesia. Selain itu, Hanna Teras yang merupakan perwakilan dari Tampere University of Applied Sciences (TAMK) Finland yang mengomandoi BUKA project ini menyampaikan bahwa UT yang menjadi pelopor pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia yang memiliki keberagaman diberikan akses internet untuk di beberapa titik di Indonesia. Uni Eropa mendukung pemerataan pendidikan tinggi, khususnya di Asia Tenggara. Semoga kegiatan ini dapat memeratakan akses Pendidikan tinggi di Asia Tenggara.