Launching PkM Desa Binaan UT, Desa Tegal, Kabupaten Bogor

Peran serta dan kewajiban Universitas Terbuka (UT) sebagai perguruan tinggi negeri yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi salah satunya pada program pengabdian kepada masyarakat. Pada Senin, 19 Juni 2023 dilaksanakan acara launching kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Desa Binaan UT. Masyarakat yang tinggal di Desa Tegal, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat memiliki potensi kearifan lokal yang dapat dijadikan sumber ekonomi yang harus diolah dengan baik melalui kerja sama antara pemerintah desa dan perguruan tinggi agar hasilnya  dapat berdampak di masyarakat. Pegawai UT menyelenggarakan program desa binaan di Desa Tegal dengan tema “Pemberdayaan Desa, Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”. Setelah acara launching PkM ini, untuk selanjutnya akan dijadwalkan rangkaian kegiatan PkM Desa Binaan UT oleh masing-masing Fakultas.

 

Acara launching PkM Desa Binaan UT tersebut dihadiri oleh Kepala Desa Tegal, Kecamatan Kemang,  Kab. Bogor yang dalam hal ini diwakili oleh Bapak Jayadi S.Ak. selaku Sekdes Tegal, Kecamatan Kemang,  Kab. Bogor, Perwakilan Danramil Kemang, beserta perwakilan warga Desa Tegal. Dari UT dihadiri oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Prof. Dewi Artati Putri Padmo, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr. Subekti Nurmawati M.Si., Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran dan Kerja Sama Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Dr. Lidwina Sri Ardiasih, Koordinator PkM Dr. Erlambang Budi Darmanto, S.T., M.M., dan perwakilan dari masing-masing fakultas, serta tim dari PkM-LPPM. Bapak Jayadi menyampaikan permohonan maaf dari Pak Kades karena berhalangan hadir dikarenakan kondisi kesehatan. Beliau meyampaikan apresiasi kepada UT telah memilih Desa Tegal sebagai desa binaan. Bapak Sekdes berharap dengan kegiatan PkM dari UT ini dapat merealisasikan cita-cita dari Desa Tegal untuk dapat mensejahterakan masyarakat Desa Tegal. 

Setelah kegiatan ini berlangsung, akan dilakukan penyampaian materi berupa workshop (pelatihan dan praktik kerja) dan pendampingan. Program PkM Desa Binaan UT di Desa Tegal terdiri atas (1) Peningkatan Kualitas Kesehatan dan Teknologi (FST-UT), (2) Pemberdayaan Guru dan Orang Tua untuk Meningkatkan Literasi Dan Parenting Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar (FKIP-UT), (3) Penyusunan dan Pengaplikasian Model Desa Digital Berbasis Tata Kelola di Pemerintah (Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik/FHISIP-UT), dan (4) Pendampingan Digital Marketing pada Bumdes dan UMKM dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (FEB-UT).

Dekan FST menyampaikan dalam paparannya bahwa kegiatan ini melibatkan lima tim yang berasal dari empat Fakultas di UT dan dikoordinir dengan baik oleh LPPM-UT. Kegiatan ini melibatkan dosen, pegawai, mahasiswa, dan tentunya masyarakat yang tinggal di Desa Tegal. Seperti halnya FST telah melakukan pemberian kaca mata gratis pada Desa Binaan sebelumnya. FST juga akan memperkenalkan Kekuatan Digital kepada Desa Binaan.  Sedangkan dari FEB akan memperkenalkan Roda Perekonomian Desa. Nantinya pun  masing-masing fakultas akan mengadakan kegiatan pemantauan, monitoring, evaluasi dari program-program yang dilaksanakan.

Kepala Pusat PkM-LPPM, Dr. Trini Prastati, M.Pd. pun menyampaikan dengan Tema: “Memberdayakan Desa, Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat”. UT terus berupaya membangun diri menjadi perguruan tinggi yang unggul dan mampu berperan aktif dalam pembangunan nasional melalui penelitian dan pengabdian masyarakat yang maju dan berkelanjutan.

Beberapa program yang telah dan akan dilaksanakan di Desa Tegal  antara lain:

  1. Pelatihan dan pembimbingan Digital Marketing bagi BUMDes dan Pelaku UMKM
  2. Pengenalan dan pelatihan branding produk desa.
  3. Pengenalan dan pelatihan bauran pemasaran produk desa.
  4. Pelatihan Excel untuk aparat desa
  5. Penyuluhan Kesehatan ibu hamil
  6. Penyuluhan Kesehatan lansia
  7. Pelatihan Literasi untuk guru SD
  8. Pelatihan Penyusunan RPPH Kurikulum Merdeka untuk guru PAUD
  9. Pembuatan Pojok Baca di Sekolah Dasar
  10. Pembuatan Website Desa

Ketua LPPM UT secara resmi membuka kegiatan Launching PkM Desa Binaan di DesaTegal, Kab. Bogor. Harapannya semoga Desa Tegal semakin “kinclong” dengan binaan dari PkM dari UT. Misal pengimplementasian program Kekuatan Digital akan membuat tempat makan di daerah pelosok pun dapat dikenal. Dengan memberi wawasan mengenai dunia digital, diharapkan masyarakat dapat memasarkan produk-produk unggulannya untuk dapat lebih dikenal banyak orang. “Untuk diketahui, dana yang dikucurkan pada program PkM di desa binaan ini lumayan banyak. Jika selesai tahun ini, maka kami akan evaluasi. Jika masih diperlukan, maka LPPM akan lebih meningkatkan program-program PkM untuk jenis kegiatan lain,” ujar Prof. Dewi Padmo.

 

LPPM mengharapkan program PkM dapat meningkatkan kapasitas Desa Tegal  menjadi Desa Mandiri dan Berinovasi, sehingga kesejahteraan masyarakatnya semakin meningkat. Lebih lanjut, Prof. Dewi berharap program PkM dapat memberikan manfaat yang besar tidak hanya bagi UT, namun juga bagi masyarakat di Desa Tegal pada khususnya. LPPM-UT selalu siap mendukung program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dengan terus berupaya meningkatkan partisipasi dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam penelitian dan pengabdian masyarakat. Semoga pelaksanaan PkM di Desa Tegal dapat berjalan dengan lancar dan antara dosen, mahasiswa, dan aparatur desa dapat saling bersinergi untuk mensukseskan program-program PkM nantinya.