UT Hadiri Pertemuan Grup Peneliti OU5 di Malaysia

Rektor dan delegasi UT menghadiri OU5 President dan Research Meeting di Kuala Lumpur Malaysia pada pada tanggal 11-12 Mei 2023. Pertemuan kali ini diselenggarakan di Perdana KLCC dengan Open University of Malaysia menjadi tuan rumahnya. OU5 merupakan sekelompok 5 (lima) perguruan tinggi di Asia Tenggara yang menyelenggarakan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), yaitu Universitas Terbuka (UT), Open University of Malaysia (OUM), Sukhothai Thammathirat Open University (STOU), University of the Philippines Open University (UPOU), dan Hanoi Open University (HOU).

Rektor UT hadir dengan didampingi Dr. Maya Maria selaku koordinator dari UT yang mewakili Subdit Hubungan Internasional dan Kerja Sama, serta lima dosen (Antares Firman, Erika Pradana Putri, Mani Festati Broto, Astri Dwi Jayanti Suhandoko, dan Ami Hibatul Jameel) yang berperan sebagai peneliti untuk setiap topik penelitian yang telah ditetapkan pada pertemuan sebelumnya di Thailand pada Tahun 2022 yang lalu.

Pertemuan ini dihadiri oleh OUM President/Vice-Chancellor Prof. Dr Ahmad Izanee Awang yang sebagai tuan rumah, President UPOU Chancellor, Melinda dP. Bandalaria, Ph.D, Acting President of STOU Assoc. Prof. Dr. Manit Jumpa, sedangkan HOU hadir secara daring. Pada pertemuan kali ini, setiap research group berdiskusi terkait topik penelitiannya. Adaoun judul-judul riset yang didiskusikan dan dipaparkan capaian progresnya adalah: 1) Innovative Pedagogy in 4IR Era, 2) Sustainability Development and Open Universities in ASEAN of The Role of Open Universities in ASEAN in Sustainability Development, 3) Metaverse in Promoting Effective Learning Design for Practical Sesssions at  Open Universities in ASEAN, serta dua kajian ASEAN Studies berjudul: 1) Indigenous People in ASEAN, dan 2) Disaster Risk ane Reduction Management in ASEAN.

Beberapa grup riset sudah memiliki data awal, sedangkan beberapa kelompok masih merumuskan research framework. Secara paralel, para pimpinan OU5 juga berdiskusi untuk membahas topik-topik strategis untuk semakin memperkuat kerja sama. Selain itu para koordinator dari 5 PJJ juga bertemu untuk membahas University of The Future. Pada pertemuan juga sudah ditentukan topik kolaborasi penelitian untuk Tahun 2024, yaitu:

  1. Inclusive Education: Providing Quality Education for All
  2. Artificial Intelligence (AI) in Digital Education
  3. Promoting Sustainable Industrialisation (SDG 9) in ASEAN Region
  4. Counselling Services at Open Universities to Promote Good Mental Health in ASEAN
  5. Preserving ASEAn Culture in Digital Age

Selanjutnya dijadwalkan di awal November akan diadakan pertemuan dengan tuan rumah HOU di Vietnam, dan selanjutnya untuk melaporkan hasil penelitian 2023, serta juga penyusunan proposal penelitian di 2024.