Perkembangan MOOCs di Asia

Dalam komitmennya untuk membuka akses pendidikan bagi seluruh orang, ICE Institute Indonesia-Universitas Terbuka dengan bangga menyelenggarakan Webinar Series, The 22nd Cyber Education Forum pada tanggal 30 Mei 2023. Mengusung tema “MOOCs in Asia” acara ini dihadiri oleh para ahli pendidikan dan pengembang kurikulum dari seluruh Asia yang membahas pengembangan dan pemanfaatan MOOCs (Massive Open Online Courses).

Webinar ini dibuka dengan sambutan dari Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Kerja Sama, dan Bisnis, yang menyoroti bagaimana dunia pendidikan dan pembelajaran daring telah mengubah cara kita mengakses pengetahuan dan peluang belajar. Dengan MOOCs, ribuan kursus dari universitas terkemuka di dunia dan institusi di berbagai negara dapat diakses oleh siapa pun. Pembelajaran tidak lagi terbatas pada ruang kelas fisik, melainkan dapat dilakukan melalui koneksi internet. Webinar ini bertujuan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang perkembangan terbaru di dunia MOOCs dan bagaimana kita dapat menggunakannya secara efektif. 

Acara ini juga menampilkan dua pembicara ahli, yaitu Prof. Melinda dP. Bandalaria, Ph.D., Kanselir Universitas Terbuka Filipina dan Drs. Gatot Fatwanto Hertono, M.Sc., Ph.D., Direktur Pengembangan Akademik dan Sumber Daya Pembelajaran Universitas Indonesia. Diskusi dalam acara ini meliputi sejumlah topik penting, seperti peran MOOCs dalam pendidikan, model implementasi yang sukses, jaminan kualitas, dan inklusivitas. Para pembicara juga berbagi wawasan tentang pengembangan MOOCs di Asia, potensi penggunaannya di Indonesia dan Filipina, serta strategi untuk meningkatkan keterlibatan mahasiswa.

Webinar Series, The 22nd Cyber Education Forum merupakan kesempatan yang berharga bagi para pemangku kepentingan di bidang pendidikan untuk mempelajari dan berbagi pengetahuan tentang MOOCs. Melalui acara ini, diharapkan akan muncul ide-ide inovatif dan solusi terbaik dalam pemanfaatan MOOCs sebagai alat yang efektif dalam pendidikan di Asia.