Pembukaan Rangkaian Disporseni Nasional dan Dies ke-39 UT

Perhelatan besar perayaan hari jadi Universitas Terbuka yang ke-39 pada tanggal 4 September 2023 nanti, ditandai dengan seremonial pembukaan yang secara resmi dilaksanakan pada 30 Mei 2023 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Selain secara luring yang dihadiri oleh para pejabat lingkungan UT Pusat, acara Pembukaan Rangkaian Disporseni Nasional dan Dies ke-39 di UTCC tersebut pun dihadiri oleh seluruh staf UT dari 39 kantor UPBJJ/UT Daerah dan kantor UT Luar Negeri secara daring.

Acara diawali dengan laporan Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. sebagai Ketua Disporseni Nasional UT 2023. “Kali ini UT menyelenggarakan rangkaian kegiatan Disporseni Nasional UT 2023 yang sangat menarik, antara lain dengan mengajak para mahasiswa, masyarakat sekitar, para siswa SMA dan tentunya pegawai UT untuk ikut dalam berbagai lomba dan ajang prestasi juga kegiatan-kegiatan sosial lainnya,” ucap Bu Dekan FST.

Bu Dekan FST menyampaikan kegiatan Dies Natalis UT ke-39 pada 2023 ini akan disemarakkan oleh 34 kegiatan yang dikelompokkan menjadi tiga tema besar, yakni Kegiatan Kewibawaan Akademik; Peningkatan Kualitas dan Kapasitas Tata Kelola; dan Peningkatan Daya Jangkau dan Layanan Mahasiswa. Beberapa kegiatan tersebut, antara lain: Peluncuran Buku Dies Natalis UT ke-39, kegiatan Seminar Nasional dan Internasional oleh Fakultas, pemilihan Mitra UT Terbaik, Penghargaan untuk Tokoh Masyarakat dalam Bidang Edukasi Publik tentang PTJJ, pemilihan Dosen dan Kaprodi Terbaik, pemilihan Tutor Tuton Terbaik, pemilihan Tutor Tutorial Radio Terbaik, pemilihan Tenaga Kependidikan Teladan, Sunatan Massal di UT Daerah Serang, UT Fashion Week, dan lainnya.

Terkait tema, Bu Nurma Dekan FST pun menjelaskan, tema Disporseni Nasional UT 2023 yang diusung kali ini yaitu “Kreatif, Sportif, dan Inovatif Menuju Indonesia Maju”, bersinergi dengan tema Dies Natalis ke-39. Rangkaian kegiatan Disporseni ini sangat mendukung pencapaian Indikator Kinerja Utama (IKU), yaitu meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi di level nasional dalam bidang ilmiah, olahraga, dan seni, serta menjadi ajang pencarian bakat, minat, dan kreativitas mahasiswa,” jelas Bu Nurma. Untuk itu rangkaian kegiatan Disporseni Nasional UT 2023dikelompokkan dalam bentuk: Diskusi Ilmiah, Pekan Olah Raga, dan Seni Nasional. “Tujuannya yaitu untuk membentuk karakter dan keterampilan berpikir, serta bertindak mahasiswa, ” ungkap Ketua Disporseni Nasional UT 2023.

Lanjut Bu Nurma, “Selain itu, Disporseni Nasional UT 2023 ini pun berupaya mendukung pencapaian target angka partisipasi 1 juta mahasiswa. Yaitu dengan melibatkan siswa SMA/SMK/Sederajat agar dapat lebih mengenal UT dan UT menjadi pilihan bagi lulusan SMA/SMK/Sederajat yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi”. Pertandingan atau lomba yang diselenggarakan untuk level SMA/SMK/Sederajat meliputi:

  • Diskusi Ilmiah, terdiri dari Olimpiade Sains dan Debat Bahasa Inggris;
  • Olahraga, terdiri dari pertandingan Tenis Meja dan pertandingan Basket;
  • Seni, terdiri dari Seni Tari dan TikTok Edukatif.

 

Bu Dekan FST pun menambahkan, rangkaian kegiatan Disporseni Nasional UT 2023 juga diselenggarakan untuk semakin mendekatkan UT dengan masyarakat sekitar termasuk dengan institusi pendidikan lainnya. Untuk itu pada Disporseni Nasional UT 2023 diselenggarakan pertandingan atau lomba untuk level Perguruan Tinggi meliputi:

  • Olimpiade Sains, Lomba Debat Bahasa Inggris, Lomba Debat Hukum (Kategori Diskusi Ilmiah), serta Lomba Karya Tulis Ilmiah Mahasiswa (diikuti oleh mahasiswa UT)
  • Pertandingan Mobile Legends, Lomba TikTok Edukatif, Pertandingan Catur Online (Kategori Olahraga)
  • Lomba Seni Tari, Lomba Seni Suara, Lomba Tilawatil Qur’an (Kategori Seni)

Setelah Bu Dekan FST menyampaikan hal-hal seputar lomba Disporseni Nasional UT 2023, acara dilanjutkan dengan penyampaian kata sambutan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Bapak Ario Bimo Nandito Ariotedjo. Pada kesempatan tersebut Bapak Dito Ariotedjo secara daring memberikan ucapan selamat kepada UT yang sudah menginjak usia ke-39, serta memberikan semangat kepada para mahasiswa dan siswa yang akan ikut dalam ajang pertandingan dan lomba Disporseni Nasional UT 2023.

Acara kemudian dilanjutkan dengan kata sambutan oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. Beliau menuturkan bahwa Dies Natalis UT ke-39 ini mengusung tema “Tatanan dan Budaya Kerja Baru Mewujudkan Indonesia Maju”. UT yang telah beralih status menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN BH) dengan telah diterbitkannya Peraturan Pemerintah No. 39 yang ditandatangani 20 Oktober 2022. Rektor berharap UT makin berjaya dengan memiliki otonomi yang lebih luas sehingga UT akan lebih lincah dan gesit mewujudkan institusi penyelenggara pendidikan jarak jauh yang makin berkualitas. Ke depan. UT diharapkan menjadi pilihan utama oleh masyarakat untuk melanjutkan studi. Rektor pun menyampaikan kini UT menjadi solusi strategis atas masalah yang dihadapi bangsa semenjak adanya pandemi Covid-19. UT yang sebelumnya dipandang sebelah mata, justru menjadi solusi strategis dalam menghadapi learning loss. Ini menjadi a blessing in disguise bagi UT,” demikian Prof Ojat.

Rektor melanjutkan paparannya bahwa melalui transformasi UT PTN-BH, maka UT akan mengokohkan milestone untuk menjadi Terdepan dalam inovasi PTTJJ; Terintegrasinya layanan pendidikan dalam jejaring cyber university pada 2025; terwujudnya ekosistem pendidikan digital pada 2030; dan terwujudnya digital learning ecosystem yang kokoh pada 2035. “UT PTN-BH akan terus berkomitmen untuk membuka akses pendidikan tinggi yang inklusif di berbagai pelosok tanah air, menghasilkan SDM unggul untuk mendukung Indonesia Maju melalui berbagai inovasi layanan belajar digital,” jelas Rektor. Berkenaan dengan tema Dies Natalis ke-39 UT dan tema Disporseni Nasional UT 2023, Rektor menjelaskan, “Diharapkan kedua tema tersebut dapat menumbuhkankembangkan semangat bagi generasi Indonesia yang unggul dan berdaya saing tinggi dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045.”

Seremoni pembukaan rngakaian Dies dan Disporseni ditandai dengan penyalaan obor oleh Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D.  didampingi para Wakil Rektor, para Rektor periode sebelumnya Prof. Dr. Atwi Suparman, M.Sc. dan Prof. Tian Belawati, M.Pd., Ph.D., Ketua Senat UT Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si., Ketua Disporseni Nasional UT 2023 Dr. Subekti Nurmawati, M.Si., dan Ketua Dies Natalis ke-39 UT Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. sebagai tanda dimulainya rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-39 UT dan Disporseni Nasional UT 2023.

Acara pun menjadi makin seru, dengan hadirnya dua narasumber kaum milenial yang tidak asing di dunia perfilman, sinetron dan artis penyanyi pada sesi Temu Public Figur (TPF). Figur yang menarik tersebut adalah bintang film dan pemain sinetron muda Angga Aldi Yunanda, mahasiswa UT Prodi S1 Ilmu Komunikasi FHISIP dan juga ex anggota girlband JKT 48 dan influencer muda Dwi Putri Bonita, alumni S1 Perencanaan Wilayah dan Kota FST UT yang kini mahasiswa S2 UT Magister Studi Lingkungan. Acara yang dibalut dengan talkshow ini mengungkap cerita alasan, kesan, dan juga motivasi berkuliah di UT. Acara TPF ini merupakan salah satu bagian dari kegiatan Dies Natalis ke-39 UT. TPF ini  makin bermakna dengan hadirnya para mahasiswa UT yang menjadi pahlawan peraih medali pada ajang Sea Games 2023 di Kamboja dari cabang olahraga hockey outdoor putra dan putri dari UT Samarinda, yaitu:

  1. Ardam (043976946) Prodi S1 Hukum
  2. Alfandy Aly Surya Prastyo (043977195) Prodi S1 Ilmu Administrasi Negara
  3. Jerry Efendi (043979633) Prodi S1 Ilmu pemerintahan.
  4. Nur Anisah (858423035) Prodi S1 PGSD

Makna dari acara Pembukaan Dies Natalis ke-39 UT dan dimulainya rangkaian kegiatan Disporseni Nasional UT 2023 ini adalah sebagai bentuk rasa syukur atas keberlangsungan UT yang makin berkembang di usia menuju 39 tahun ini. Makna lainnya yaitu rangkaian kegiatan pertandingan tersebut diharapkan sebagai ajang dalam mewadahi siswa dan mahasiswa untuk berprestasi pada Disporseni Nasional UT 2023. Dengan kerja sama dan sinergisitas seluruh pihak, diharapkan seluruh rangkaian kegiatan akan terlaksana dengan baik dan semoga UT menjadi semakin jaya dalam menghasilkan SDM unggul untuk mendukung Indonesia Maju.