LPPM UT Buka Program PkM di Desa Muara - Teluk Naga sebagai Desa Binaan

Menjalankan salah satu wujud dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu Pengabdian kepada Masyarakat, Universitas Terbuka me-launching Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) Nasional “Desa Binaan” UT Tahun 2023 dengan tema “Pemberdayaan Desa, Meningkatkan Kualitas Hidup Masyarakat-Together We Grow” Acara ini diselenggarakan di Gedung Serbaguna, Desa Muara, Teluk Naga, Tangerang Banten pada Senin, 22 Mei 2023.

Kegiatan ini dihadiri Bapak Zam zam Manohara Camat Teluk Naga Kab Tangerang, Bapak Muhammad Syarifudin Kepala Desa Muara, Perwakilan dari Pantai Indah Kapuk 2, Ketua LPPM UT, Prof. Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D., Kepala Pusat PKM, Dr. Trini Prastati, Kepala  Pusat Keilmuan Dr. Etty Puji Lestari, S.E., M.Si, Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan, Layanan Pembelajaran dan Kerjasama FEB, Olivia Idrus S.E., M.Sc., Kasubag TU LPPM, Teguh Nursantoso. Dr. Suhartono, M.Pd. Koordinator PkM Desa Binaan Desa Muara, para dosen dari FKIP UT, FEB UT, FST UT, FHISIP UT dan panitia dari LPPM serta para warga binaan.

Masyarakat yang tinggal di Desa Muara, Kecamatan Teluknaga, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten memiliki potensi kearifan lokal yang dapat dijadikan sumber ekonomi yang harus diolah dengan baik melalui kerja sama antara pemerintah desa dan perguruan tinggi agar hasilnya dapat berdampak di masyarakat. Inilah yang melatarbelakangi diadakan PkM diwilayah tersebut.

Dr. Trini memberikan laporannya tentang terselenggaranaya kegiatan ini berkat kerjasama baik dari pejabat daerah desa binaan muara Teluk Naga.

Prof. Dewi, menyampaikan Kegiatan ini melibatkan lima tim yang berasal dari 4 fakultas di UT dan dikoordinir dengan baik oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM-UT). Kegiatan ini melibatkan dosen, pegawai, mahasiswa, dan tentunya masyarakat yang tinggal di Desa Muara.

Sambutan hangat dari Kepala Desa dan Camat pada penerimaan kedatangan tim UT membuat kegiatan ini dapat terselenggara dengan baik. Bapak Zam zam Manohara menyampaikan program kedepan dari pembangunan Desa Muara ini adalah 1. Gerbang Masyarakat Pantai, 2. Tangerang sehat Tangerang mantap, Memanfaatkan lahan2 tidur tuk dikelola jd mata pencaharian masyarakat, 3. Program proaktif. Untuk para kades bs berkreasi dl program kampung tematik.

Dari acara seremonial, dilanjutkan kunjungan para dosen melihat stand produk binaan dan kegiatan pendampingandosen fakultas dan mahasiswa UT kepada warga binaan.