Tiga Srikandi Guru Besar Baru UT 2023

Pencapaian gelar Guru Besar merupakan momen penting bagi Perguruan Tinggi termasuk Universitas Terbuka, sebagai bentuk pengakuan prestasi dan dedikasi seorang dosen dalam bidang akademik.

Mengawali kwartal pertama di tahun 2023, UT menambah daftar Guru Besarnya dengan di raihnya gelar Professor oleh tiga srikandi UT yaitu Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc., Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D., Prof. Dr. Tri Dyah Prastiti M.Pd. Ketiga Srikandi ini berasal dari Fakultas yang sama yaitu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. pun mengapresiasi capaian gelar akademik tertinggi dalam waktu berdekatan. “Jika capaian tertinggi seorang tentara menjadi Jenderal, maka capaian tertinggi seorang dosen menjadi guru besar,” ujar Prof. Ojat Darojat pada tiap kesempatan penyerahan SK Guru Besar.

SK Guru Besar pertama tahun 2023 turun pada bulan Januari adalah Prof. Ucu Rahayu. Penyerahan SK dilakukan oleh Rektor UT, dimana dalam sambutannya beliau juga berharap dengan adanya pengukuhan ini, dapat memberikan motivasi bagi para dosen UT yang lain untuk terus berkarya dan meraih capaian yang lebih tinggi.

Prof. Ucu, menghaturkan terima kasih kepada Pimpinan serta rekan-rekan sejawat yang telah memberikan dukungannya sehingga capaian tertinggi seorang dosen dapat diraihnya. Sebagaimana diketahui Prof. Dr. Ucu Rahayu, M.Sc. adalah Dekan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) periode 2021-2025.

Selanjutnya pada bulan Maret, Prof. Dewi Padmo menyusul menerima SK Guru Besarnya. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh rekan-rekan, yang telah memberikan dukungan dan motivasi selama proses perjalanan menuju gelar guru besar. Prof. Dewi bercerita bahwa proses perjalanan menuju guru besar ini sangat panjang dan berliku, mengambil waktu selama 3 tahun mulai dari tahun 2020. Prof. Dewi memotivasi kepada para dosen agar selalu menulis di antara segala kesibukan. Sebagaimana diketahui beliau menjabat sebagai Ketua LPPM-UT periode 2021-2025.

Srikandi ketiga, Prof. Dyah, panggilan akrab dari Prof. Tri Dyah Prastiti yang memperoleh SK Guru Besarnya pada awal Juli 2022 ini. Prof. Dyah sebagai dosen di UPBJJ UT Surabaya, pernah menjabat sebagai Direktur UT Yogyakarta pada periode sebelum ini. Dengan turunnya SK Prof. Dyah, maka total Guru Besar di UT kini berjumlah 26 orang.

Ke depan, semoga jumlah penyandang Guru Besar UT bertambah banyak, apalagi jumlah dosen yang bergelar Doktor kini semakin banyak. Dengan harapan dan semangat yang tinggi, Universitas Terbuka semoga dapat terus menghasilkan Guru Besar yang berkualitas dan memiliki kontribusi besar bagi kemajuan pendidikan Indonesia.