UT Menjamin Kesehatan Para Pegawai

Pegawai adalah aset institusi karena tanpa adanya sumber daya manusia maka suatu organisasi tidak akan bisa berjalan untuk mencapai visi dan tujuan yang ditentukan.  Kesejahteraan pegawai menjadi penting untuk diperhatikan  untuk meningkatkan motivasi, semangat kerja, dan meningkatkan loyalitas pegawai terhadap institusi. Dengan kesejahteraan yang baik termasuk melalui pemberian fasilitas jaminan biaya kesehatan  maka pegawai dapat memberikan kinerja yang maksimal dalam mencapai tujuan bersama.

Universitas Terbuka pada Senin (20/02/2023) mengadakan kegiatan “Sosialisasi Asuransi Kesehatan Pegawai Universitas Terbuka”  sebagail langkah pemberian informasi terkait fasilitas serta manfaat apa saja yang diterima pegawai di lingkungan Universitas Terbuka. Kegiatan diselenggarakan secara hybrid, melalui luring di Convention Center (UTCC) Kantor Pusat Universitas Terbuka dan melalui daring via aplikasi Zoom.

Kegiatan diawali dengan Penandatangan Perjanjian Kontrak Asuransi Kesehatan Pegawai UT, dimana penandatanganan dilakukan oleh Kepala Unit Pengadaan Barang Jasa Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si dengan Direktur Pemasaran Mandiri Inhealth, Bugi Riagandhy yang disaksikan oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D.

Selanjutnya sambutan disampaikan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. yang mengungkapkan bahwa Informasi tentang asuransi kesehatan merupakan salah satu upaya untuk memberikan pelayanan  terbaik kepada seluruh pegawai UT guna meningkatkan kesejahteraan dan kesehatan para pegawai. Oleh karena program asuransi dan manfaat pensiun ini merupakan wujud perhatian UT kepada warga UT PTNBH terhadap kesejahteraan. Berharap bahwa program asuransi ini memberikan manfaat yang besar dan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan kualitas layanan yang diberikan, sebagai penutup Rektor juga mengucapkan rasa terima kasih kepada Mandiri Inhealth dan BNI Life yang telah bekerja sama dengan menyediakan program asuransi yang sesuai dengan kebutuhan pegawai UT PTNBH.

Sebelum masuk pada sesi paparan, dilakukan pemberian kartu kepesertaan Asuransi Kesehatan Managed Care secara simbolis kepada para pimpinan UT yang diwakilkan oleh Rektor Prof. Ojat Darojat, M.Bus. Ph.D. dan Bapak Herman yang mewakili Pegawai UT. Kartu kepesertaan FitCard ini tidak hanya diperuntukan bagi pegawai aktif, namun bisa digunakan oleh keluarga peserta yang sudah didaftarkan (istri/suami yang sah dan anak dengan usia maksimal tertentu). Acara kemudian dilanjutkan dengan pertukaran cindera mata dan foto bersama antara jajaran tamu dari Mandiri Inhealth dan BNI Life dengan para pimpinan UT.

Acara inti yaitu pemaparan/sosialisasi fasilitas dan manfaat (benefit) Asuransi Kesehatan pegawai aktif beserta keluarga dan Program Pensiun UT oleh Bapak Abdul Rojak selaku Kepala Unit Pelayanan Kantor Operasional Jakarta – Mandiri Inhealth. Disampaikan, bahwa manfaat pertanggungan dari asuransi kesehatan bervariasi tergantung jenis asuransi (Gold ataukah yang Diamond dan Platinum). Secara umum benefit asuransi kesehatan managed care  tersebut diantaranya yaitu layanan konsultasi rawat jalan termasuk konsultasi ke dokter spesialis di Rumah Sakit Provider. Manfaat/benefit pertanggungan lainnya yaitu pelayanan obat,  rawat bersalin, biaya kacamata, pool fund, rehabilitasi medis,  pelayanan gawat darurat. Pelayanan rawat inap juga akan diakomodasi oleh Mandiri Inhealth dimana akomodasi kamar diberikan sesuai dengan hak kelas peserta yang tertera di kartu asuransi. Selain itu pemeriksaan penunjang diagnostik, rujukan eksternal, pemberian obat, dan perawatan insentif di ICU maupun ICCU sesuai indikasi medis juga masih dalam cakupan pelayanan dari Mandiri Inhealth. Begitu juga manfaat lainnya yang disampaikan tertanggung asuransi Mandiri Inhealth juga akan mendapatkan manfaat tambahan lainnya, seperti persalinan hingga anak ketiga, pembelian suplemen berupa kacamata, protesa gigi, protesa alat gerak.

Sosialisasi dilanjutkan dengan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab. Dukungan  penyediaan fasilitas asuransi kesehatan dan program pensiun UT ini juga diberikan oleh Prof. Atwi Suparman mantan Rektor UT di era 2002 hingga 2009. Beliau menyampaikan bahwa asuransi kesehatan dan program pensiun sangat bermanfaat bagi peningkatan kesejahteraan sebagai bentuk perhatian pimpinan terhadap kesehatan pegawai beserta keluarganya dan khususnya bagi pensiunan UT mengingat biaya kesehatan sangatlah mahal.