Studi Banding BINUS Online learning di UT: Pembelajaran Kuliah Jarak Jauh

Universitas Terbuka merupakan Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH) satu-satunya yang sudah menerapkan pembelajaran jarak jauh sejak lama dengan fleksibilitas dan keterjangkauan baik dari segi tempat, waktu, dan biaya. Untuk itu, Universitas Terbuka sering dijadikan benchmark untuk pembelajaran jarak jauh bagi perguruan tinggi lain di Indonesia. Pada kesempatan ini UT menerima kunjungan dari BINUS Online Learning perihal proses pengembangan dan manajemen mutu bahan ajar multimedia. Acara dilaksanakan di Wisma 2 lantai dasar (08/02/2023).

Acara dibuka oleh sambutan Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D. Beliau menyambut baik kunjungan dari BINUS Online Learning untuk berbagi ilmunya. BINUS dengan UT memiliki karakteristik yang sama, namun dari segi mahasiswa, UT memiliki jumlah mahasiswa yang cukup banyak dan saat ini banyak yang berusia muda. Untuk itu dalam pertemuan ini saling berbagi pengetahuan dengan mengamati, tiru, dan modifikasi sehingga sesuai dengan karakteristik mahasiswa kita.

Sebelum acara dilanjutkan, terdapat pertukaran cinderamata antara BINUS dan Universitas Terbuka yang dilakukan oleh Rahmat Budiman, M.Hum.,Ph.D. dengan Dr. Agus Putranto, S.Kom., M.T., M.Sc. yang disertai sesi foto bersama.

Selanjutnya, sambutan oleh Dr. Agus Putranto, S.Kom., M.T., M.Sc. selaku Director BINUS Online Learning yang menjelaskan maksud dan tujuannya datang mengunjungi UT. Mahasiswa BINUS pun belum sebanyak UT yang memiliki ratusan ribu mahasiswa yang sudah luar biasa berkembang. Di akhir sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas sambutan yang telah diberikan untuk BINUS.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Arief Rahman Susila, S.E, M.Si. terkait pengelolaan bahan ajar dan Drs. Jamaludin, M.Si. terkait Pengembangan Multimedia di Universitas Terbuka. Sesi selanjutnya adalah tanya jawab yang diikuti dengan penuh antusias. Acara ditutup dengan melakukan kunjungan langsung ke Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba), Perpustakaan, dan Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2).