STP Trisakti Kunjungi UT Terkait PJJ

Universitas Terbuka (UT) menerima kunjungan dari Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) Trisakti Jakarta (13/12/22) bertempat di Wisma 2 lt. Dasar. Pembelajaran jarak jauh  (PJJ) merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa harus bertatap muka dengan memanfaatkan teknologi informasi dan teknologi (TIK) atau yang saat ini dikenal dengan pembelajaran dalam jaringan (daring). Oleh karena itu, bentuk materi pembelajaran pun dapat didistribusikan secara daring. Tentunya PJJ harus melibatkan interaksi dan komunikasi yang didukung oleh berbagai sumber daya untuk menghubungkan komunikasi antara pengajar dengan mahasiswa. Dengan menyandang status baru sebagai Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN-BH), UT berkomitmen untuk tetap menjadi PTN yang unggul dalam hal PJJ dengan mengutamakan keterjangkauan biaya untuk semua kalangan, baik kalangan pekerja ataupun anak muda dan masyarakat yang berada di wilayah tertinggal, terdepan, dan terluar (3T).

Kegiatan kunjungan diawali dengan paparan materi yang disampaikan oleh Prof. Aminudin Zuhairi, Ph.D. terkait sistem PJJ. Beliau memaparkan bahwa salah satu hal terpenting yang dilakukan sebuah institusi yang akan terjun ke dalam PJJ adalah penyusunan modul atau Buku Materi Pokok (BMP) yang merupakan bahan ajar utama bagi mahasiswa. BMP tersebut harus berperan sebagai pengganti dosen, sehingga harus self-instructional dan self-design.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama (WR IV), Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D.  yang sekaligus secara langsung menyambut rombongan STP Trisakti. Dalam sambutannya, WR IV menyampaikan bahwa UT selalu menyambut baik kehadiran Perguruan Tinggi, baik Negeri maupun Swasta, khususnya dalam berbagi pengalaman dan pengetahuan mengenai PJJ. Beliau juga menjelaskan melalui kunjungan STP Trisakti, kedua institusidapat saling bertukar ilmu maupun informasi mengenai program studi pariwisata untuk lebih meningkatkan pemahaman dari segi content dandiharapkan para dosen program studi pariwisata UT melalui program ini dapat berkomunikasi dan bekerja sama dalam pengembangan content-content (bahan ajar). Semoga kedepanya  bisa mengkaji dan menjajaki bagaimana bisa melibatkan dosen STP Trisakti dalam pengembangan bahan ajar.Selanjutnya beliau menambahkan  adanya kemungkinan dapat menjajaki Program Mata Kuliah Mandiri (PMKM).

Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan S1 Pariwisata STP Trisakti, Djoni Wibowo, S.E., MM, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada UT karena diberi kesempatan untuk berkunjung. Beliau juga menjelaskan maksud dan tujuan kunjungan rombongan STP Trisakti, yakni untuk benchmark terkait sistem PJJ Disampaikan, STP Trisakti memiliki Program Studi Pariwisata vokasi dan akademi yaitu Vokasi Pengelolaan Perhotelan dan Usaha Perjalanan Wisata, S1 Pariwisata, dan S2 Parisiwisata. Beliau berharap sistem PJJ ini dapat diterapkan juga di STP Trisakti. Melalui kegiatan ini, STP Trisakti perlu mempersiapkan dan menjalin kerja sama dengan UT dalam mengembangkan PJJ terlebih lagi di masa pasca pandemi covid-19.

Acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata. Kunjungan diakhiri dengan foto bersama dan UT Head Office Tour  ke Pusat Pengembangan Multimedia (P2M2) dan Pusat Pengelolaan Bahan Ajar (Puslaba) UT.