Mahasiswa UT Torehkan Prestasi di Ajang KMI EXPO XIII

Kewirausahaan Mahasiswa Indonesia (KMI) Expo XIII Tahun 2022 merupakan ajang tahunan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) melalui Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) digelar sebagai wadah bagi sekelompok wirausaha mahasiswa untuk menunjukkan kreasi produk terbaiknya. Tahun ini, Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menjadi tuan rumah pada KMI Expo XIII Tahun 2022 yang berlangsung pada 22-25 November 2022 dengan tema “Entrepreneurship Change To Good Life”.

“KMI Expo XIII diikuti sekitar 351 perguruan tinggi, 951 Produk Usaha dan lebih dari 3000 mahasiswa peserta. Selain itu terdapat 402 booth pameran dari perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia” demikian laporan dari Sugiarto S.Kom., M.Kom Dosen Prodi Sains dan Data pada UPN Veteran Jawa Timur selaku ketua panitia kegiatan ini.

Rektor UPN Jawa Timur Prof. Dr. Ir. Akhmad Fauzi, MMT., IPU dalam sambutannya menyampaikan harapan terhadap kegiatan ini dapat menambah semangat untuk berwirausaha secara nasional terutama bagi para mahasiswa.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Koordinator Kemahasiswaan Belmawa Ditjen Diktiristek, Sukino,S.Pd.M.A.P dalam sambutannya menyampaikan tahun ini mencoba kembali melakukan kegiatan ini secara luring dan berharap para mahasiswa yang merupakan calon-calon wirausaha muda untuk dapat membuat inovasi-inovasi baru dalam bidang wirausaha. “Kegiatan ini juga salah satu implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka, dan ini menjadi salah satu tantangan dari G20 dalam transformasi teknologi, dan sebuah inovasi digital dimana mahasiswa menjalankan usaha berbasis digital,” ungkap Sukino sebelum membuka resmi kegiatan ini.

Pada kesempatan ini 4 tim mahasiswa Universitas Terbuka (UT) yang ikut serta dalam KMI Expo ini dapat menampilkan hasil karyanya pada booth pameran no 266-267, UPN Veteran Jawa Timur, antara lain:

No.  Judul Nama Ketua Kelompok/NIM/Prodi UPBJJ-UT Nama Dosen Pembimbing Kategori
1 Tenun Manual Kerajinan Tangan Khas Lombok Sebagai Bagian Dari Melestarikan Kearifan Lokal Dan Memajukan UMKM Setempat Agar Berdaya Saing Tinggi Imbuk Risnawati
NIM. 041024563
Perencanaan Wilayah dan Kota
Mataram  Andri Suryadi  Industri Kreatif, Seni, Budaya, dan Pariwisata
2 Cinema Photo Studio  Rifqi Fauzan
NIM. 044352986
Ilmu Hukum S1
 Bandung Setyo Kuncoro Jasa dan Perdagangan
Snack Ihsan Seblak Kering Dengan Bumbu Rempah Premium

Siti Syarah Noerfauziah
NIM. 042915337
Matematika-S1

 Bogor Dewi Juliah Ratnaningsih  Makanan dan Minuman
Divigi Projects Digital Foto Video Dan Desain Grafis 

Dimas Aditya Pratama
NIM. 043466511
Manajemen-S1 

Surabaya  Sucipto   Jasa dan Perdagangan

UT sangat mendukung kegiatan KMI ini. Dukungan dari kantor Wakil Rektor Bidang Sistem Informasi dan Kemahasiswaan menghadirkan tim yang turut serta pada kegiatan pameran yaitu para dosen pembimbing, mentor, perwakilan dari kemahasiswaan BAKP, Fakultas, UPBJJ-UT Mataram, Surabaya, Bandung, Bogor, Serang, Jakarta, dan PPHIK membawa semangat untuk para mahasiswa berkreasi mendekorasi stand. Selama pameran, booth UT ramai dikunjungi para pengunjung pameran. Pada saat penutupan, Jumat malam, 25 November 2022 diumumkan beberapa penghargaan. Pada Kompetisi Pendukung Kategori Mading 3D Kewirausahaan, tim mahasiswa yang berjudul “Tenun Manual Kerajinan Tangan Khas Lombok Sebagai Bagian Dari Melestarikan Kearifan Lokal dan Memajukan UMKM Setempat Agar Berdaya Saing Tinggi” berhasil memperoleh Juara Harapan 1. Perwakilan Tim, Imbuk Risnawati, hadir menerima hadiah. Semoga hal ini dapat memotivasi mahasiswa UT lainnya untuk berinovasi dan menghasilkan karya-karya untuk berwirausaha kedepannya lebih baik lagi.