Kembangkan Pembelajaran Online, UII lakukan Studi Banding ke UT

Universitas Terbuka (UT) yang telah beralih status dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) menjadi PTN Badan Hukum (PTNBH) berkomitmen semakin menggalang kemajuan pendidikan bersama untuk peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) masyarakat dalam berkontribusi bagi pembangunan bangsa. Dengan perjalanan panjang UT dalam men-delivery layanan pendidikan jarak jauh yang fleksibel, berkualitas, dan terjangkau, kini UT menjadi benchmarking  bagi perguruan tinggi lainnya dalam hal online pedagogy sebagai syarat penyelenggaraan pembelajaran jarak jauh yang efektif. Pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) yang didengungkan akan menjadi model pendidikan di masa depan, membuat banyak perguruan tinggi lain berkunjung ke UT untuk berdiskusi bersama, melakukan studi banding (benchmark) tentang teknis dan sistem pembelajaran jarak jauh  bagi suatu program studi.

Sejalan dengan itu dalam rangka meningkatkan pembelajaran berbasis online, Universitas Islam Indonesia (UII) melakukan studi banding ke Universitas Terbuka (UT) (26/10/2022). Kunjungan dilakukan untuk berdiskusi pengetahuan mengenai pembelajaran jarak jauh di UT.

Kedatangan Universitas Islam Indonesia (UII) disambut oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Subekti Nurmawati, M.Si. Mengawali acara, Ketua Tim Pembukaan pembelajaran  jarak jauh (PJJ) UII Ari Sujarwo, S.Kom., M.I.T menyampaikan maksud dan tujuan datang ke UT, beliau menyampaikan bahwa studi banding ini diadakan dengan maksud mempelajari sistem pembelajaran e-learning yang diterapkan di UT khususnya pada program studi sistem informasi dan berharap UT dapat membantu UII dalam mengembangkan pendidikan jarak jauh yang sedang dikembangkan oleh UII. Sejalan dengan itu dalam sambutannya Dekan FST menyambut baik kunjungan yang dilakukan UII dalam rangka memberikan informasi tentang penyelenggaraan PJJ terkait dengan program studi sistem informasi pada Fakultas Sains dan Teknologi, dan siap berkordinasi dengan Tim Pembukaan PJJ dari UII.

Kemudian dilanjutkan paparan oleh Wakil dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama FST UT Dr. Dewi Juliah Ratnaningsih., S.Si., M.Si. dan  Ketua Program Studi Sistem Informasi Jurusan Teknik FST UT Dra. Dwi Astuti Aprijani, M.Kom. Diskusi berjalan dengan menarik dimana pembahasan seputar bagaimana skema sistem pembelajaran online kini menjadi hal utama bagi UII, dimulai dari proses pembelajaran hingga implementasi skema sistem ujian yang berbasis online.

Acara ditutup dengan pertukaran cinderamata dan foto bersama serta melakukan Head Office Tour (HOT) pada unit Pusat Pengembangan Multi Media (P2M2).