Tim Studi Tata Kelola Unpatti Kunjungi LPPM UT

Universitas Terbuka (UT) terus mengembangkan seluruh sistem internal secara teknis untuk menunjang pekerjaan-pekerjaan UT dalam menjalankan proses bisnisnya. Namun, tidak hanya mengembangkan, UT juga senantiasa melakukan diseminasi atau menyebarluaskan hasil terobosan UT di berbagai bidang termasuk sistem tata kelola internal secara kelembagaan. Salah satu Misi yang dimiliki oleh UT adalah “Memanfaatkan dan mendiseminasikan hasil kajian keilmuan, kelembagaan, dan PTJJ untuk menjawab tantangan kebutuhan pembangunan nasional.”

Kali ini, Tim Studi Tata Kelola Universitas Pattimura (Unpatti) yang berkesempatan melakukan kunjungan dan melakukan koordinasi dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) UT terkait sistem tata kelola LPPM UT, yang diharapkan nantinya dapat memberikan banyak masukan baru bagi Unpatti. Pertemuan koordinasi ini menjadi langkah lanjutan kerja sama kedua belah pihak setelah pada sebelumnya telah menjalin Memorandum of Understanding (MoU). Kerja sama yang dilakukan UT bersama Unpatti  ini merupakan bentuk diseminasi hasil kajian kelembagaan UT sebagai salah satu implementasi dari Misi yang dimiliki UT.

Bertempat di Ruang Sidang Gedung LPPM UT lantai 2, pada Jumat (16/09/2022), Tim Studi Tata Kelola Unpatti dihadiri oleh Ketua Tim Prof. Dr. Melianus Salakory, M.Kes., bersama Dr. E. K. Huliselan, S.Pd., M.Si. selaku Sekretaris, serta hadir pula Dekan Fakultas MIPA Prof. Dr. Pieter Kakisina, S.Pd., M.Si., beserta jajaran Tim Studi Tata Kelola Unpatti. Para anggota tim pun disambut oleh Sekretaris LPPM UT Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd., bersama dengan Kepala Pusat Penelitian Keilmuan Dr. Etty Puji Lestari, S.E,.M.Si., dan jajaran LPPM UT lainnya.

Acara dibuka dengan sambutan dari Prof. Imam Farisi. Beliau menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh Tim Studi Tata Kelola Unpatti yang sudah menyempatkan hadir dan bersilaturahim dengan UT. Menurut beliau, kerja sama dan hubungan baik antara UT dan Unpatti, baik sebagai institusi maupun antar personal sudah cukup erat dan berlangsung lama, sehingga beliau pun bersyukur atas kesempatan kali ini di mana akhirnya tim Unpatti dapat berkunjung secara langsung ke Kantor Pusat UT di Pondok Cabe. Prof. Imam Farisi mengharapkan agar pertemuan pada 16/09/2022 ini dapat berjalan lancar serta memberikan manfaat bagi kedua pihak, agar dapat terus memberikan layanan terbaik demi memajukan pendidikan di tanah air.

Selanjutnya, Kepala Pusat Penelitian Keilmuan Dr. Etty Puji Lestari, S.E,.M.Si. pun menyampaikan pula apresiasinya atas kehadiran jajaran Unpatti. Dr. Etty Puji Lestari menyampaikan beberapa tugas pokok dan fungsi (tupoksi) serta bagaimana tata kelola Pusat Penelitian Keilmuan di UT. Menurutnya, fungsi utamanya adalah melaksanakan kegiatan, melakukan koordinasi, mempublikasikan, melakukan kerja sama, serta melaksanakan pemantauan dan evaluasi kegiatan penelitian dan keilmuan. Beliau menuturkan penelitian secara keilmuan, serta pengelolaan buku dan jurnal yang diluncurkan UT merupakan salah satu pilar utama dalam mengembangkan bidang akademik di UT. Dengan berbagi pengetahuan, beliau mengharapkan universitas lain seperti Unpatti dapat bersama-sama memajukan pendidikan di Indonesia.

Dr. Suhartono, S.Pd., M.Pd. yang mewakili Kepala Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI-PTJJ) selanjutnya memaparkan pula sekilas terkait tupoksi dan tata kelola PRI-PTJJ di UT. “Misi utama dari PRI-PTJJ adalah mengembangkan digital learning ecosystem melalui berbagai penelitian dan pengembangan kelembagaan, serta melakukan diseminasi terkait hal-hal tersebut. Kami berharap penelitian kami pun tidak hanya berguna bagi UT tetapi juga bagi Perguruan Tinggi lain”, tutur Suhartono.

Pada sesi akhir, Teguh Nursantoso, S.Kom., M.MSI., selaku Koordinator Bidang Tata Usaha pada LPPM UT pun mempresentasikan sedikit mengenai SIMPENMAS, atau Sistem Informasi Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, yang merupakan sebuah aplikasi satu pintu oleh LPPM yang dipergunakan untuk memudahkan pengumpulan dan penarikan data penelitian-penelitian serta program-program pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh UT. Aplikasi ini juga membantu dosen-dosen di seluruh Fakultas di UT beserta seluruh pengelola administrasi mahasiswa di UT.

Koordinasi dan tukar ilmu antara dua perguruan tinggi ini, diharapkan terdapat penguatan dan saling mendukung antar sesama perguruan tinggi. UT dan Unpatti saling bekerja sama bahu membahu, bukanlah sebagai kompetitor. Kedua pihak selalu senantiasa bersinergi bersama baik dalam urusan teknis maupun non-teknis dalam penyelenggaraan prosesnya sebagai perguruan tinggi.