Penandatanganan Mou dan PKS antara UT dengan Pemda Kabupaten Ende  

Sebagai perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh (PJJ) Universitas Terbuka (UT) memiliki kantor wilayah untuk menjangkau pelayanan pendidikan ke seluruh penjuru tanah air. Saat ini tercatat ada 39 kantor wilayah UT yang biasa disebut Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ). Dengan jangkauan yang luas di berbagai daerah penting bagi UT untuk menjalin kerja sama dengan pemerintah daerah di Indonesia dalam berbagai bidang. Baru baru ini UT bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Ende melaksanakan kerja sama yang tertuang dalam nota kesepahaman (MoU) dan Perjanjian Kerja Sama (PKS). MoU ini mencakup  kerja sama pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan pengembangan kelembagaan daerah. Sebagai turunannya PKS ini terkait dengan Hibah Aplikasi UT berupa Sistem Automasi Program Kerja Pengawasan Tahunan (e-Eja) dan Sistem Informasi Digital Aduan Kecurangan (E-SIDAK).

Kegiatan penandatanganan ini dilakukan di Ruang Garuda Kantor Pemkab Ende (16 Agustus 2022) dihadiri oleh para pemimpin daerah setingkat lurah dan camat di Kabupaten Ende. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Rektor Universitas Terbuka dan Drs. Djafar H. Achmad, M.M, Bupati Ende. Penandatanganan PKS dilakukan oleh Prof. Dr. Ali Muktiyanto, M.Si., Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Terbuka dan Efrem Diakon Aina, SE, Inspektur Daerah Kabupaten Ende

Bupati Ende menyambut baik kegiatan MoU dan PKS ini karena dengan aplikasi yang dihibahkan ini Pemkab Ende dapat menjalankan roda pemerintahannya dengan lebih efektif efisien dan transparan. “Ende adalah rahimnya Pancasila sebab pemikiran Pancasila muncul ketika Bung Karno berada di sini”, ungkap Bapak Djafar. Beliau sampaikan rasa terima kasih kepada UT karena kerja sama ini dapat mencegah praktik-praktik terlarang di dalam pemerintahan.

Dalam sambutannya, Prof. Ojat merasa senang karena UT bisa ikut membantu dengan caranya sendiri yaitu melalui pemerataan akses pendidikan di Kabupaten Ende yang notabene tempat lahirnya Pancasila. Beliau berharap dengan jalinan kerja sama ini bisa terus berlanjut ke bidang-bidang yang lain yang mampu memberikan dampak positif untuk Tana Air tercinta ini. Dalam rangka meningkatkan kualitas dan kualifikasi sumber daya manusia terutama di wilayah pemerintahan, UT hadir menawarkan fleksibilitas dalam perkuliahan. “Jadi para ASN tidak perlu meninggalkan pekerjaannya dan tetap dapat lanjut studi ke sarjana, pascasarjana dan doktoral,” ucap Rektor UT.