Kemdikbud Ristek terima kehadiran delegasi AIOU dan UT

Kunjungan kerja delegasi Allama Iqbal Open University (AIOU) ke Universitas Terbuka (UT) sejak 31 Juli hingga 6 Agustus 2022 menorehkan banyak pengetahuan dan pengalaman berbagi ilmu di bidang penyelenggaraaan pendidikan juga budaya dari dua negara. 11 orang delegasi dari AIOU yaitu Prof. Zia Ul-Qayyum Vice Chancellor AIOU, Dr. Zahid Majeed, Dr. Tanzila Nabeel, Dr. Saqib Riaz, Dr. Afshan Huma, Dr. Sana Ullah, Dr. Syed Imran Haider, Dr. Saleem Iqbal, Dr. Malik Ajmal Gulzar, Dr. Muhammad Majid M. Bagram, Rana Nadeem Anjum. Kegiatan setelah seremonial Penandatanganan Memorandum Of Aggreemant dilaksanakan di UTCC, delegasi di ajak untuk Head Office Tour (HOT) ke Pusat Pengelolaan Bahan Ajar, Perpustakaan hingga, ikut rekaman di UT Radio Pusat Pengembangan Multi Media. Pada hari kedua pelaksanaan bertukar pikiran dan pengetahuan mengenai program di masing-masing institusi Ke 4 Fakultas yang ada di UT, kedua Lembaga dan berbagi tentang Quality Assurance di UT.

Pada Jumat, 5 Agustus 2022, UT memfasilitasi kunjungan delegasi AIOU ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (Kemdikbud Ristek). Rektor UT, Prof Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., mempertemukan para delegasi AIOU dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi, yang dalam hal ini diwakili oleh Dei Pramono Staf Khusus Menteri dan Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. Plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Delegasi AIOU yang hadir berjumlah 9 orang tanpa Prof. Zia Ul-Qayyum dan Dr. Afshan Huma. Sementara dari UT turut hadir mendampingi Rektor UT yakni Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan, PJ Bidang Protokoler dan Urusan Internasional PPHIK, Koordinator Pemasaran PPHIK dan Staf Protokoler PPHIK. Disana ketiga institusi studi banding, berdiskusi mengenai kebijakan dan program-program pendidikan di Indonesia di bawah komando Kemdikbud Ristek, dari pengelolaan kurikulum hingga kebijakan terkait pendidikan tinggi. Diskusi berjalan dengan santai dan kekeluargaan. Kedua Universitas pun menjelaskan kedekatan UT dan AIOU yang telah dibina hingga program-program kerjasama ke depannya untuk memajukan pendidikan bangsa.

Kurang lengkap rasanya jika tidak menyambangi kantor Kedutaan Besar Pakistan untuk Indonesia Sebelum kembali ke UT, delegasi AIOU beserta tim dari UT di terima dengan hangat oleh Muhammad Hassan beserta jajaran di wilayah Kuningan, Jakarta Selatan. Muhammad Hassan merupakan alumni dari AIOU. Ketiga institusi saling berdiskusi dan bercerita mengenai hubungan Indonesia dan Pakistan yang sama-sama sebagai negara yang mayoritas penduduknya muslim. Juga berbagi pengetahuan mengenai hal-hal yang dikelola oleh kedua universitas yang memiliki kesamaan yaitu universitas yang mengelola sistem yang sama yaitu pendidikan jarah jauh dan terbuka.