Galeri PTJJ Inovasi Untuk Optimalkan Cara Belajar Mahasiswa

Pembelajaran jarak jauh  merupakan pembelajaran yang dilakukan tanpa harus tatap muka. Segala bentuk materi pembelajaran pun dapat didistribusikan secara online. Tentunya pembelajaran jarak jauh harus melibatkan interaksi dan komunikasi yang didukung oleh berbagai sumber daya untuk menghubungkan komunikasi antara pengajar dengan pelajar. Oleh sebab itu, Pusat Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (PRI-PTJJ), Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Universitas Terbuka (UT) menggelar kegiatan Hasil Riset dan Inovasi Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Galeri PTJJ) dengan tema “Emerging Technology for Open and Distance Education” yang dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 2022 di Gedung Serbaguna, UT Pusat.

Tujuan diselenggarakannya Galeri PTJJ sendiri adalah untuk mengoptimalkan cara belajar dengan menggunakan berbagai media digital. Prof  Daryono mengatakan, jika pembelajaran secara visual yang diperlihatkan hanya berbentuk video, kita tidak akan memiliki engagement terhadap learning object. Namun, dengan penggunaan inovasi AR diharapkan teknologi ini dapat meningkatkan engagement kepada pelajar.

Acara diawali dengan sambutan dari Ketua LPPM Ibu Dewi Artati Padmo, beliau menyampaikan bahwa inilah langkah kita sebagai bentuk inovasi UT untuk lebih lebih baik lagi serta diharapkan dapat memperkuat distance learning. Galeri PTJJ merupakan yang pertama kali dilakukan dan akan dijadikan acara tahunan yang akan menampilkan hasil riset inovasi dari para dosen. Nantinya hasil-hasil inovasi ini juga akan ditampilkan pada kegiatan INNODEL di Bali.

Prof. Ojat Darojat, Ph.D juga turut hadir untuk membuka acara Galeri PTJJ. Galeri PTJJ menampilkan dua jenis hasil riset dan inovasi, yaitu Knowledge Metaverse serta Access and Equity for open Distance Learning. Knowledge Metaverse sendiri merupakan media pembelajaran yang bervariasi karena dapat memungkinkan interaksi secara immersive dengan virtual reality dalam platform Metaverse. Melihat perkembangan revolusioner ini, UT berinovasi untuk memberikan berbagai materi pembelajaran dalam bentuk, VR, Game, dan XR untuk memberikan pengalaman belajar yang berbeda dengan pembelajaran konvensional terhadap pelajar.

Selain itu, ada jenis inovasi Access and Equity for Open and Distance Learning yang merupakan inovasi PRI PTJJ yang mampu memberikan penguatan terhadap akses pada pembelajaran digital, meliputi learning tools, apps, maupun network infrastructure. Salah satu inovasinya adalah layanan UT-Akses yang dapat memberikan sarana terhadap digital learning platform melalui local seluler network kepada mahasiswa dan masyarakat di daerah yang memiliki akses internet terbatas. Dengan menggunakan UT-Akses, mahasiswa maupun masyarakat di sekitarnya dapat memiliki pengalaman belajar dan diharapkan dapat meningkatkan literasi membaca secara digital.