UT Serang Sukses Wisudakan 793 Mahasiswa

Universitas Terbuka (UT) sebagai pelopor sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh (PTJJ) selalu berkomitmen memberikan layanan pendidikan berkualitas dengan biaya yang terjangkau untuk semua kalangan baik kalangan pekerja, anak muda, dan masyarakat di seluruh pelosok tanah air. Mahasiswa UT menghadapi tantangan untuk berhasil menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar pendidikan tinggi, terlebih bagi mereka yang sedang bekerja sambil kuliah. Diperlukan kegigihan dan kemampuan mengatur waktu agar bisa lolos sampai tahapan wisuda.

Pada Kamis (28/7/2022), UT Serang sukses menyelenggarakan kegiatan Wisuda, bertempat di Convention Hall The Royale Krakatau, Cilegon, Banten. Total wisudawan berjumlah 793 orang dari berbagai prodi dan jurusan. Upacara wisuda dibuka oleh Direktur UPBJJ-UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si. Selain itu, acara ini dihadiri oleh Rektor Universitas Terbuka Prof. Drs. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., Asisten Daerah (Asda) 1 Pemerintah Kota Cilegon Tatang Muftadi, serta Staf Ahli Bidang Kemasyarakataan dan Sumber Daya Manusia pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Dra. Resmiyati Marningsih, M.Si.

Rektor UT pun turut menyampaikan sambutannya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada seluruh wisudawan yang dengan sungguh-sungguh menuntut ilmunya dan mempercayakan pilihannya kepada UT. Beliau mengatakan, “Wisuda bukanlah akhir dari proses belajar, tetapi justru menjadi awal untuk belajar memasuki dunia nyata yang tentu lebih kompleks. Untuk dapat bersaing di dunia nyata, semangat belajar sepanjang hayat (long life learning) yang juga menjadi motto UT menjadi suatu keniscayaan. Orang yang mampu bertahan bukan yang pintar atau kuat, tetapi yang mampu terus belajar dan beradaptasi dengan perubahan”. Beliau meyakini bahwa, kemajuan suatu bangsa ditandai oleh keberhasilan dalam membangun pendidikan tinggi berkualitas yang bersinergi dengan pengembangan ilmu pengetahuan, dan teknologi. Untuk itu, peran UT sebagai perguruan tinggi jarak jauh harus diperkuat dan ditingkatkan agar dapat mengemban tugas mulia, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Dr. Maman Rumanta, M.Si, Tatang Muftadi, serta Dra. Resmiyati Marningsih, M.Si., turut menyampaikan sambutannya. Ketiganya menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan yang berhasil menyelesaikan studinya di UT. Selain itu, mereka juga turut berpesan bahwasanya kehidupan nyata di luar perkuliahan telah menunggu di luar sana. “Tolong jaga kepercayaan dan nama baik UT, saya percaya, saudara-saudari sekalian mampu menjadi SDM berkualitas tinggi yang dapat membuat seluruh keluarga besar UT dan IKA-UT berbahagia dan berbangga hati,” pesan Maman Rumanta.

Setelah sambutan-sambutan, acara dilanjutkan dengan ucapan selamat dan pemberian penghargaan kepada 5 wisudawan terbaik UPBJJ-UT Serang, yang diikuti dengan penyerahan ijazah kepada 793 wisudawan yang dibagi menjadi 3 sesi. Rangkaian penutupan acara pun diawali dengan pembacaan janji wisudawan serta sambutan perwakilan wisudawan. Kemudian dilakukan pembacaan doa dan diakhiri secara resmi oleh Direktur UPBJJ-UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si. Setelah acara ditutup, dilaksanakan pula penyerahan data alumni oleh Maman Rumanta kepada Ketua IKA UT Serang Kombes Pol. Dr. Dadang Herli Saputra, S.IP., S.H., M.H.

Wisuda yang digelar UT tersebut merupakan bentuk pengakuan terhadap kompetensi baru yang telah diraih oleh para wisudawan. Menyertai gelar yang baru tersebut, seluruh wisudawan tersebut kini juga mengemban tanggung jawab dalam memberikan sumbangsih nyata kepada masyarakat dan bangsa Indonesia. Rektor UT mengingatkan untuk selalu meningkatkan sumber daya manusia UT, baik mahasiswa maupun alumni, tantangan di depan harus dihadapi secara bersama-sama. UT siap membantu dengan segala sumber daya yang dimiliki untuk kebaikan, kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.