UT-Medan Jalin Kerja Sama dengan Beberapa Instansi di Acara Wisuda Periode I TA 2021/2022

Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) Universitas Terbuka (UT) Medan menggelar acara Wisuda Periode I Tahun Akademik 2021/2022 pada tanggal 2 Juli 2022 di Aula Hotel Danau Toba. Kegiatan wisuda ini dilaksanakan secara luring diikuti oleh 515 wisudawan dengan live streaming channel Youtube UT Medan. Rangkaian acara wisuda tersebut dihadiri secara langsung oleh Rektor UT dan sejumlah tamu undangan penting, termasuk para mitra UT.

Sehari sebelum acara wisuda tersebut, pada tanggal 1 Juli 2022 berlokasi di Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Sumut), dilaksanakan penandatanganan kerja sama nota kesepahaman antara Gubernur Sumatera Utara Letnan Jendral TNI H. Edy Rahmayadi dengan Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. Selain itu dalam waktu bersamaan juga dilakukan pendantanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Direktur UT Medan Dra. Yusrafiddin, M.Pd. dengan Ketua PGRI, serta penandatanganan PKS antara Direktur UT Medan dengan Dinas Kementrian Hukum& HAM. Masih dalam serangkaian acara peningkatan kerjasama, pada malam harinya juga dilaksanakan acara Gathering Rektor UT bersama para Kepala Dinas dan para Kepala Cabang Dinas Pendidikan (Kacabdis) wilayah Sumut, Kepala Divisi Lapas, Media Tribun, dan IKA UT Medan di Hotel Hermes  Medan, yang didampingi oleh Bu Direktur UT Medan.

Demikian juga saat pelaksanaan acara Wisuda yang dibuka oleh Direktur UT-Medan dan dibacakan SK Rektor tentang Pengukuhan dan SK Direktur UT Medan tentang Penetapan Lulusan Terbaik pada Upacara Wisuda UT Medan Tahun 2022, juga dilaksanakan beberapa penandatanganan Nota Kesepemahaman dan PKS. Wisudawan terbaik yang bernama Nola Fridani Sijabat, S.Pd. dari Program Studi (Prodi) PGSD-S1 dengan IPK 3,89, yang dipanggil ke depan untuk dipakaikan selempang dan diberikan sertifikat oleh Rektor UT. Acara dilanjut dengan kata sambutan oleh Rektor oleh Prof. Ojat Darojat, M. Bus., Ph.D. Dalam sambutannya Prof. Ojat mengucapkan selamat kepada seluruh wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di UT. Rektor memaparkan, “UT adalah solusi di saat orang mengalami kesulitan mengakses kesempatan di perguruan tinggi.” Sebagai perguruan tinggi negeri yang menerapkan sistem pembelajaran terbuka dan jarak jauh yang terbukti efektif untuk meningkatkan daya jangkau dan pemerataan melalui pendidikan tinggi berkualitas kepada masyarakat Indonesia di seluruh pelosok tanah air termasuk yang berada di luar negeri. Hal ini sesuai dengan moto UT yaitu, “Menjangkau yang Tidak Terjangkau.”

“Belajar di UT yang mengimplementasikan sistem belajar jarak jaruh (PJJ) menghadapkan berbagai kendala dan masalah yang dihadapi para mahasiswa, karena dituntut untuk belajar secara mandiri dan multi-tasking,” ucap Pak Rektor. Dijelaskan oleh beliau, mahasiswa UT ditempa harus mampu menyesuaikan waktunya, tetap belajar sambil melakukan berbagai hal dan komitmen tugas di lingkungannya masing-masing. Pak Rektor menyampaikan keberhasilan yang diraih para wisudawan kesuksesan akademik, bukan semata kesuksesan sendiri atau kecerdasan yang dimiliki, namun tidak lepas dari dukungan, doa, dan pengorbanan dari keluarga terdekat. Selain itu Rektor menyampaikan, saat ini UT telah berevolusi melalui perjalanan panjang dan berliku selama 38 tahun sejak didirikan tahun 1984. UT terus membenahi diri dan meningkatkan kualitas layanan untuk menyukseskan program-program pemerintah, khsususnya dalam pemerataan pendidikan. Pada awal pendirian, UT mengimplementasikan teknologi yang masih sangat sederhana dalam memberikan layanan, komunikasi dengan mahasiswa dilakukan melalui surat menyurat oleh jasa pos. Sejak tahun 1996 sejak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) sudah mulai maju, UT telah mengimpelementasikan teknologi komputer, melaksanakan pembelajaran dalam jaringan, dengan demikian “UT adalah pelopor pendidikan tinggi jarak jauh,” tegas Pak Rektor.  UT telah melakukan perubahan tata kelola penyelenggaraan pendidikan, sehingga tercipta student engagement mahasiwa dalam berkomunikasi dengan tutor bisa dilakukan dengan lebih intensif.  Saat ini, UT yang telah terdukung oleh teknologi canggih dan terdukung dengan  penyampaian bahan ajar yang self contained dan self instructioned, maka memungkinkan masyarakat di seluruh negeri dapat menerima layanan pembelajaran pendidikan tinggi, termasuk yang ada di pelosok-pelosok tanah air.  “Dalam konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ), bukan mahasiswa yang mendatangi kampus, namun UT yang mendatangi rumah-rumah mereka. Mahasiswa tetap dapat aktif melakukan akitvitas rutin, namun dapat kuliah melalui sistem PJJ,” tegas Prof. Ojat. Dengan kemajuan teknologi dan didukung layanan dari 39 kantor UPBJJ-UT dan 1 (satu) Pusat Pengelolaan Mahasiswa Luar Negeri, 869 kelompok belajar (Pokjar), dan 50 Sentra Layanan UT (SALUT) yang berada di seluruh Indonesia. Sebelum mengakhiri sambutannya, Prof. Ojat memaparkan, UT akan beralih staus dari PTN-BLU menjadi PTN-BH, ini menjadi pendorong agar UT makin lincah, salah satunya dalam menawarkan program studi yang diperlukan masyarakat untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM), termasuk di wilayah Sumut.

Bentuk perhatian Pemerintah Provinsi Sumut dalam menunjukkan atensinya pada UT sangatlah besar untuk bersinergi dalam meningkatkan layanan peningkatan kualitas SDM-nya, setelah Pemerintah Provinsi Sumut memperkuat sinergi melalui MoU pada tanggal  1 Juli 2022. Hal ini karena pada acara wisuda UT Medan tersebut, telah hadir dan memberikan kata sambutan, Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara (BUNDA PAUD), istri Gubernur Sumut Ibu Nawal Lubis Edy Rahmayadi. Dalam sambutannya, Bu Nawal menyampaikan,” UT sangat unik, dulu saya tidak menganggap UT, sekarang saya takjub, karena seluruh masyarakat di seluruh penjuru tanah air termasuk yang di luar negeri bisa menempuh pendidikan tinggi melalui UT,” ujar Bu Nawal. Acara pun dilanjutkan dengan dilaksanakannya perjanjian kerja sama (PKS) antara Ketua Tim Penggerak PKK Sumatera Utara (BUNDA PAUD), istri Gubernur Sumut Ibu Nawal Lubis Edy Rahmayadi dengan Direktur Universitas Terbuka Medan, khususnya untuk peningkatan kompetensi guru-guru PAUD di lingkungan Sumut melalui kuliah di UT.

Selain acara penandatangan PKS dengan BUNDA PAUD, pada kesempatan yang baik di acara Wisuda UT Medan itu pula, telah berlangsung juga Penandatanganan Nota Kesepahaman dan PKS dengan beberapa institusi. Yaitu penandatangan nota kesepemahaman antara Rektor UT dengan Ketua Asosiaasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (APTISI) Wilayah 1-Sumut, Penandatanganan Nota Kesepahaman antara Direktur UT Medan dengan Universitas Pembangunan Panca Budi Medan, dan Penandatanganan PKS antara Direktur UT Medan dengan Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), serta dilakukan Penandatanganan PKS antara Direktur UT Medan dengan Media Tribun Sumut. Melalui berbagai kerja sama dengan berbagai instansi tersebut, diharapkan dapat menjadi tindak lanjut yang baik, agar UT menjadi lebih dapat menjangkau masyarakat yang tidak terjangkau dan menjadi universitas yang menjadi pagar bangsa.

Acara pun dilanjutkan dengan kegiatan pemanggilan wisudawan ke depan panggung untuk pemberian ucapan selamat jabat tangan oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat sekaligus penyampaian ijazah oleh Bu Direktur UT Medan Bu Dra. Yusrafiddin, M.Pd. kepada seluruh wisudawan yang hadir. Yang tidak kalah menariknya dari acara kegiatan wisuda UT Medan Periode I tahun 20222 ini adalah penyampaian testimoni sekaligus pembacaan janji wisudawan yang diikuti seluruh wisudawan, oleh salah satu lulusan UT Luar Negeri wilayah Kuala lumpur yang dipersilahkan ke depan panggung, bernama Suryani Sinurat dari Program Studi Akuntansi1-S1. Selain itu yang mengharukan, yaitu Ucapan Terimakasih Wisudawan, yang diwakili oleh Azmin Said Telaumbanua dari Program Studi Magister Manajemen Bidang Minat Sumber Daya Manusia (Reguler).

Sebelum Pak Rektor menutup acara wisuda, dilakukan penyerahan data alumni kepada Ketua Wilayah IKA-UT Medan dan dilakukan sesi foto bersama, serta dilakukan pembacaan doa. Semoga para wisudawan menjadi insan yang beretika dan menjadi pribadi mulia, beriman, dan professional.

Sesudah acara wisuda, Pak Rektor masih melanjutkan agenda temu ramah dengan para Pengurus Pokjar di wilayah Sumut, dan sore harinya melakukan Live Talk Show didampingi Bu Direktur UT Medan, melalui stasiun TVRI Medan Sumut, dengan tema: Maju Bersama UT, Mewujudkan Pendidikan Tinggi untuk Semua, pada tanggal 2 Juli 2022 jam 17.00 sd 18.00 WIB.