Kesepakatan Bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dengan Universitas Terbuka

Universitas Terbuka merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Negeri yang menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh dengan metode online pedadogic. Salah satu Visi Universitas Terbuka  adalah meningkatkan kompetensi sumber daya manusia masyarakat Indonesia, untuk mewujudkan hal tersebut,    Universitas Terbuka memiliki perwakilan di setiap daerah. Unit Perwakilan di setiap daerah disebut Unit Belajar Jarak jauh (UPBJJ). Salah satu unitnya ada di Provinsi Sumatara Utara di sebut UPBJJ-UT Medan. Wilayah kerja UPBJJ-UT Medan ada di 33 kabupaten kota di Provinsi Sumatera Utara. UPBJJ-UT Medan juga memiliki 2 sentral layanan (SALUT) yang berada di Kabupaten Toba dan Kabupaten Nias Barat.

Pada tanggal 1 Juli 2022 Universitas Terbuka bersama dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menandatangani Nota Kesepahaman. Agenda utama Nota Kesepahaman yang ditandatangani oleh Rektor Universitas Terbuka dan Gubernur Sumatera Utara adalah Program Peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di Sumatera Utara, mulai dari Para Aparatur Desa, Para Guru, Lulusan SMA, serta Masyarakat yang ingin menempuh Pendidikan berjenjang Diploma sampai Doktor, serta mengikuti Program Sertifikat yang ada di Universitas Terbuka.

Dengan ditandatanganinya Nota Kesepahaman ini, Universitas Terbuka berharap dukungan penuh dari Pemerintah Provinsi Sumatera Utara, untuk saling bahu-membahu bersama Universitas Terbuka, bekerja bersama meningkatkan sumber daya manusia, khususnya di SDM Provinsi Sumatera Utara. UT siap membantu dengan segala sumber daya yang dimiliki untuk kebaikan, kemakmuran, dan kesejahteraan masyarakat Indonesia.