Kunjungan Tim SPI Politeknik Bandung ke UT Pusat

Tim Satuan Pengawas Internal (SPI) Politeknik Negeri Bandung (POLBAN) melakukan kunjungan ke kantor Pusat Universitas Terbuka (UT) pada Kamis, 30 Juni 2020. Kegiatan kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerja sama antara kedua belah pihak dan untuk menambah wawasan serta berbagi pengalaman terkait dengan kegiatan SPI.

Bertempat di Ruang Operasional BKUK UT, tim SPI POLBAN dihadiri oleh Drs. Benny Barnas, M.B.A. selaku Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan POLBAN, Sumiyati, S,H., Spl., M.Hum. selaku Ketua SPI, Hastuti, S.E., M.Si., Alq CA. selaku Sekretaris SPI, serta jajaran koordinator dan auditor.

Turut hadir Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Dr. Hendrian, S.E., M.Si. selaku Ketua Satuan Pengawas Internal, Maya Maria, S.E., M.M. selaku Kepala PPHIK, Unggul Utan Sufandi, S.Kom., M.Si. selaku Kepala BPPU, Antonio Vivaldi, S.E., MBA. selaku Sekretaris pada Satuan Pengawas Internal, serta jajaran koordinator dan auditor.

Rangkaian kegiatan dibuka oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D. Dalam sambutannya beliau menyambut hangat tim SPI POLBAN dan menyampaikan rasa terima kasih atas kehadirannya di kantor UT Pusat. Pertemuan ini diharapkan dapat menjadi sarana bagi kedua belah pihak untuk sharing mengenai pengalaman dan pengetahuan tentang SPI. Hal ini penting agar seluruh instansi pendidikan di Indonesia dapat tumbuh bersama. Seperti yang dikatakan oleh Rektor UT bahwa perguruan tinggi di Indonesia bukan bersaing tapi bersanding dengan tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Beliau menambahkan bahwa SPI berfungsi sebagai mitra UT agar karyawan dapat berperforma sesuai dengan aturan yang berlaku.

Sambutan selanjutnya disampaikan oleh Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan POLBAN, Drs. Benny Barnas, M.B.A. Beliau menyampaikan bahwa saat ini POLBAN tengah menunggu keputusan untuk Penyelenggaraan BLU dan ingin belajar dari UT yang telah mendapat predikat sangat baik dalam pelaksanaan layanan umum. Selain itu, tim SPI POLBAN juga berharap dapat belajar dan berdiskusi dengan tim SPI UT mengenai pengelolaan terkait dengan SPIP.

Setelah sambutan, kegiatan dilanjutkan oleh presentasi dari tim SPI UT mengenai SPI UT seperti landasan hukum SPI di UT dan program kerja di SPI UT. Pembahasan dilanjutkan dengan memperkenalkan aplikasi Sistem Informasi Audit Internal SPI (SIAIS) yang disampaikan oleh tim SPI UT. SIAIS merupakan sebuah aplikasi berbasis web yang memiliki fungsi untuk membantu auditor SPI maupun luar SPI dalam melakukan proses audit internal terhadap UPBJJ dan unit-unit di Universitas Terbuka secara tepat waktu.

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi diskusi dan tanya jawab yang disambut antusias oleh kedua tim SPI. Dalam diskusi, banyak pertanyaan yang muncul tidak hanya perihal SPI melainkan juga pertanyaan seputar pelaksanaan pendidikan pada kedua institusi. Setelah itu, penandatanganan Implementation of Agreement dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT dengan Wakil Direktur Bidang Umum dan Keuangan POLBAN. Rangkaian kegiatan ditutup dengan UT Head Office Tour ke PUSLABA dan P2M2.