Kunjungan Mahasiswa SALUT Bina Mahunika Bogor ke Kantor Pusat UT

Universitas Terbuka (UT) semakin memperluas jangkauan layanannya hingga ke pelosok melalui Sentra Layanan UT (SALUT) sebagai perpanjangan tangan dari UPBJJ-UT. SALUT merupakan fasilitas layanan UT yang berada di kota/kabupaten kluster. Pengembangan SALUT sesuai dengan tagline UT “Making Higher Education Open to All” yang memberikan kesempatan pada seluruh lapisan masyarakat Indonesia dimana pun berada untuk melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi serta menjangkau yang tidak terjangkau. Intensifikasi layanan melalui SALUT merupakan jawaban atas kondisi sebagian masyarakat Indonesia di pelosok yang masih membutuhkan layanan melalui pertemuan tatap muka. Untuk itu SALUT berfungsi untuk mendekatkan dan memudahkan akses layanan kepada mahasiswa, calon mahasiswa atau masyarakat terkait dengan informasi ke-UT-an, registrasi, perolehan bahan ajar, pembelajaran dan kegiatan lainnya. SALUT UT didukung perangkat komputer, jaringan internet berkecepatan tinggi, dan instruktur Informasi Teknologi yang dikelola oleh mitra UT.

Dalam memperluas layanan di daerah sekitar Bogor, UT salah satunya telah membina SALUT Bina Mahunika Bogor. Mahasiswa-mahasiswa yang tergabung di SALUT Bina Mahunika Bogor berkesempatan untuk berkunjung ke kantor pusat Universitas Terbuka di Pondok Cabe pada Kamis (02/06/2022) tepatnya pada Gedung Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Kunjungan mahasiswa dari beragam Program Studi (Prodi) ini didampingi oleh 6 (enam) pendamping yang merupakan anggota Pengurus Tim SALUT Bina Mahunika Bogor. Kunjungan ini disambut langsung oleh Wakil Rektor Bidang Institusi dan Kerjasama Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D.

Acara dibuka dengan sambutan dari Wakil Rektor Institusi dan Kerjasama, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. Rahmat Budiman menyambut baik kedatangan para mahasiswa SALUT Bina Mahunika ke Kantor Pusat UT yang mana merupakan kunjungan perdana mahasiswa SALUT ke kantor pusat UT. Beliau turut mengapresiasi bahwa UT sudah berhasil meraih enam Rekor MURI tidak lepas dari peran besar para mahasiswa. Karena itu, beliau berpesan agar para mahasiswa UT sejatinya menjadi duta UT di lingkungan masing-masing demi peningkatan kualitas UT ke depannya.

Selanjutnya, Dekan Fakultas Ekonomi, Dr. Meirani Harsasi, S.E., M.Si. menyampaikan pula sambutannya kepada mahasiswa SALUT Bina Mahunika. Pada kesempatannya, beliau memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menyampaikan kesan dan pesannya selama berkuliah di UT. Beberapa perwakilan mahasiswa menyebutkan bahwa UT memudahkan mahasiswa dalam menuntut ilmu. Fleksibilitas dalam perkuliahan yang ditawarkan UT membantu banyak mahasiswa dapat meraih gelar sarjana walaupun sambil bekerja dan mencari nafkah.

Acara selanjutnya merupakan paparan dari Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial, dan Ilmu Politik Dr. Sofjan Aripin, M.Si. dan diakhiri dengan sesi tanya jawab. Pada paparannya, beliau menjabarkan berbagai Program Kemahasiswaan Universitas Terbuka, antara lain Program Kewirausahaan, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Diskusi Ilmiah, serta Lomba dan Kompetisi di berbagai bidang. Beliau menambahkan bahwa tujuan dari kegiatan kemahasiswaan adalah untuk menanamkan sikap ilmiah, daya kreasi dan inovasi, meningkatkan kemampuan bidang olahraga, seni, softskill, dan kepemimpinan untuk memperoleh prestasi di berbagai level.

Kunjungan mahasiswa SALUT Bina Mahunika diakhiri dengan makan bersama di Gedung UTCC dan campus tour ke Gedung P2M2, Gedung Puslaba, dan Gedung Puslata. Rahmat Budiman menyampaikan bahwa dengan campus tour ini diharapkan para mahasiswa dapat menyaksikan secara langsung berbagai fasilitas penunjang mahasiswa untuk menuntut ilmu.