Wujudkan 1 Juta Mahasiswa, UT Resmikan SALUT Cikande

Universitas Terbuka (UT) semakin memperluas jangkauannya dengan meresmikan Sentra Layanan UT (SALUT) di Cikande, Serang. Pembukaan SALUT ini, perpanjangan tangan dari UPBJJ-UT Serang sebagai upaya menjangkau layanan, mempermudah mahasiswa  hingga ke pelosok. Peresmian ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT, Rahmat Budiman, M.Hum., Ph.D., Direktur UT Serang, Dr. Maman Rumanta, M.Si., mewakili Camat Cikande turut hadir Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cikande, Saeful Bahri, M.Pd., Sekretaris 3 Pengurus Daerah Asosiasi Bimbingan dan Konseling (ABKIN) Banten, Alfiandy Warik Handoyo, M.Pd., Ketua Pengurus SALUT Cikande, Tanja Winaya, S.E., M.BA., dan Ketua Pengurus SALUT Poris Cipondoh, Dr. Muzahid Akbar Hayat, S.Si., M.Si., pada Senin (30/05/2022).

Dalam sambutannya Ketua Pengurus SALUT Cikande mengungkapkan rasa bangganya dapat bekerjasama dengan UT untuk dapat membantu melayani calon mahasiswa dan mahasiswi UT di wilayah Serang melalui SALUT Cikande. Beliau menambahkan bahwa fasilitas yang dimiliki oleh SALUT Cikande diantaranya yaitu laboratorium komputer, ruang kelas, akses internet, perpustakaan digital serta peralatan pendukung lainnya. Beliau berharap UT Cikande dapat menjadi pilihan utama bagi masyarakat khususnya pada pekerja aktif, lulusan SMA sederajat dan masyarakat umum yang ada di sekitar Cikande untuk kuliah. 

Direktur UT Serang mengungkapkan bahwa UT tidak dapat berdiri sendiri, untuk itu memerlukan mitra-mitra pendukung seperti SALUT dan Kelompok Belajar (Pokjar). UT Serang saat ini memiliki 25 lebih Pokjar dan 13 SALUT. Beliau menambahkan bahwa kedepannya UT Serang akan bekerjasama dengan Pemda, ABKIN dan stakeholder lainnya untuk mencapai target satu juta mahasiswa.  UT Serang juga mendorong SALUT dan Pokjar untuk bersinergi bersama UT mendorong program pemerintah menaikkan Angka Pastisipasi Kasar (APK) perguruan tinggi.

Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama mengungkap bahwa SALUT Cikande merupakan SALUT yang ke 13. Beliau menjelaskan bahwa SALUT merupakan perpanjangan UT, kondisi ini sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia yang masih membutuhkan pertemuan tatap muka. Pada kesempatan ini Bapak Rahmat menjelaskan tentang program Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang ditujukan kepada mahasiswa yang ingin melanjutkan kuliahnya di UT dan staf kecamatan, ASN atau pegawai yang telah memiliki pengalaman kerja bisa mengikuti program RPL tersebut sehingga bisa dibebaskan dalam mata kuliah tertentu. Disamping itu beliau memaparkan bahwa ABKIN merupakan mitra untuk dapat menyebarluaskan informasi mengenai UT tidak hanya kepada siswa SMA dan SMK, namun juga kepada orangtua, khususnya ibu yang mempunyai peranan memutuskan pilihan instansi pendidikan untuk anaknya.

Acara dilanjutkan dengan peresmian Gedung SALUT Cikande yaitu gunting pita secara simbolis oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT didampingi oleh Direktur UT Serang, Kepala Seksi Ekonomi dan Pembangunan Kecamatan Cikande, Ketua Pengurus SALUT Cikande dan Poris Cipondoh. Pada acara peresemian ini juga berlangsung Penandatanganan Kerja Sama (PKS) antara UT Serang dengan SALUT Cikande dan Poris Cipondoh. Acara kemudian disambung dengan penyerahan cinderamata oleh UT dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT. Sebelum acara ditutup, dilakukan tinjauan fasilitas SALUT Cikande.