UT Menyambangi Direktorat Pusat Karir dan Alumni Universitas Brawijaya

Unit-unit yang terkait dalam pengembangan Pusat Karir di Universitas Terbuka (UT) melakukan serangkaian studi banding ke beberapa Universitas. Setelah sebelumnya mengunjungi Direktorat Pengembangan Lulusan dan Hubungan Alumni Universitas Indonesia, serta  Direktorat Pengembangan Karir, Inkubasi Kewirausahaan, dan Alumni Universitas Airlangga. Selanjutnya melanjutkan studi banding ke Direktorat Pengembangan Karir & Alumni Universitas Brawijaya. Rombongan dipimpin oleh Dra. Dewi Artati Padmo Putri, M.A., Ph.D. selaku Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) beserta sekretaris LPPM, Prof. Imam Farisi, M.Pd., serta beberapa perwakilan dari Kantor WR IV dan Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan.

Kunjungan yang didampingi oleh Direktur UT Malang, Dr. Lilik Sulistyowati, M.Si., disambut baik oleh Agung Sugeng Widodo, ST., MT., Ph.D, Kepala Direktorat Pengembangan Karir & Alumni Universitas Brawijaya beserta tim koordinator. Diskusi diawali dengan pemaparan riwayat terbentuknya Pusat Karir di Universitas Brawijaya yang sebelumnya disebut Job Placement Center (JPC)  pada tahun 1995. Pada 2013, nama JPC diubah menjadi JPC dan Tracer Study karena ada pengembangan bidang Tracer Study. Sedangkan mulai tahun 2015, berubah nama lagi menjadi Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan (UPKK).

UPKK merupakan unit di Universitas Brawijaya (UB) yang bertujuan menjadi pusat informasi dan pelatihan serta pengembangan diri bagi mahasiswa dan alumni dalam memasuki dunia kerja, menjadi penghubung antara perguruan tinggi dengan institusi pemerintah, dunia usaha dan dunia industri. UPKK mempersiapkan mahasiswa dan alumni untuk memiliki wawasan kewirausahaan, menjadi pusat data dan tracer information study Universitas Brawijaya. Setelah ada aturan baru dari Kemenristekdikti, nama pun berubah lagi menjadi UPT Pengembangan Karir dan Kewirausahaan Universitas Brawijaya. Lalu setelah diresmikan menjadi PTNBH pada awal tahun 2022, UPKK berubah nama menjadi Direktorat Pengembangan Karir dan Alumni (DPKA).

Pada pertemuan dengan tim DPKA UB ini, banyak hal yang dibagikan oleh tim DPKA terkait Pusat Karir dan Kewirausahaan. Pada bidang Pusat Karir dijelaskan bahwa UB mengundang para mitra perusahaan untuk melakukan presentasi, pelatihan, dan wawancara langsung yang dilakukan secara berkala di Gedung DPKA. Tim DPKA pun mengundang alumni untuk sharing  pengalaman didunia kerja untuk mahasiswa Universitas Brawijaya saat persiapan memasuki jenjang karir. Selain itu sebelum pandemi, DPKK juga mengadakan Job Fair dengan berkolaborasi dengan mitra yang dilaksanakan secara rutin 2 (dua) kali dalam 1 (satu)tahun, yaitu pada bulan Maret dan Oktober.

Pengelolaan alumni dioptimalkan dengan penyelenggaran penelurusan alumni atau tracer study. Pemanfaatan teknologi yang mengintegrasikan portal alumni dengan aplikasi WhatsApp. Universitas Brawijaya menggunakan WhatsApp grup Angkatan untuk memudahkan penelusuran alumni supaya lebih efektif dan efisien. Universitas Brawijaya juga mengembangkan Sistem Informasi Alumni dan tracer study, sebagai suatu sistem yang terintegrasi antara sistem tracer study dengan Sistem Informasi Akademik.