Rektor UT sebagai Tamu Kehormatan pada “The Third General Assembly Meeting of CINVU”

Kerjasama antara Universitas Terbuka (UT) dan Allama Iqbal Open University (AIOU) telah terjalin sejak tahun 2019 masih terjaga dengan sangat baik hingga saat ini. Hal ini ditandai dengan penandatanganan Naskah Kesepahaman oleh kedua belah pihak pada tahun itu. AIOU yang didirikan pada tahun 1974, merupakan perguruan tinggi pertama di Asia dan Afrika yang mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh dan merupakan perguruan tinggi yang memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Pakistan dengan prestasi yang luar biasa. Sejalan dengan UT,  Perguruan Tinggi Negeri yang menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan sistem pendidikan tinggi terbuka dan jarak jauh. Dengan menjadi perguruan tinggi yang menerapkan sistem pendidikan jarak jauh, AIOU dan UT tergabung dalam Asian Association of Open Universities (AAOU) bersama dengan 56 institusi pendidikan jarak jauh lainnya di berbagai negara.

Wakil Rektor AIOU, Prof. Dr. Zia ul-Qayyum, menyampaikan undangan kehormatan untuk Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. sebagai Presiden AAOU untuk menghadiri pertemuan kegiatan the Third General Assembly meeting of COMSTECH Inter-Islamic Network on Virtual Universities (CINVU) yang dilaksanakan selama dua hari pada tanggal 11-12 Mei 2022 di Kampus Utama AIOU Islamabad. Pertemuan ini dihadiri lebih dari lima puluh institusi perguruan tinggi dengan rangkaian acara yang terbagi menjadi tiga sesi.

Sesi pertama yang dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2022 meliputi kegiatan diskusi terbuka perihal rencana dan program baru untuk tahun 2022, persiapan pelatihan gabungan dengan sesama anggota, diskusi penghargaan untuk pelatihan, dan mendukung kegiatan internasional yang efektif serta menyediakan informasi yang dibutuhkan. Dilaksanakan di hari yang sama, Sesi 2 berfokus pada pembahasan anggaran dan program oleh Sekretaris Umum CINVU, diskusi terbuka, penyampaian proposal baru dari para anggota, dan kegiatan pemilihan anggota dan ketua Komite Eksekutif CINVU.

Rangkaian kegiatan CINVU kemudian dilanjutkan pada tanggal 12 Mei 2022, ditandai dengan dibukanya Sesi 3. Pembahasan pada sesi ini menitikberatkan pada kegiatan diskusi perihal kekurangan dan reorganisasi Piagam CINVU, diskusi terbuka mengenai gagasan baru, dan kesimpulan. Setelah disampaikannya kata penutup, kegiatan the Third General Assembly of CINVU resmi berakhir. Dengan itu, peserta kegiatan melanjutkan agenda untuk mengunjungi Standing Committee for Scientific and Technological Cooperation (COMSTECH) dan disambut dengan presentasi singkat oleh Koordinator Umum COMSTECH yang kemudian dilanjutkan dengan kunjungan ke fasilitas-fasilitas yang ada.

Kunjungan Rektor UT ke Pakistan dalam rangka berpartisipasi dalam kegiatan the Third General Assembly meeting of COMSTECH Inter-Islamic Network on Virtual Universities (CINVU) yang diselenggarakan oleh AIOU diharapkan dapat membawa nilai-nilai positif yang nantinya dapat diimplementasikan di UT, mengingat UT merupakan perguruan tinggi dari wilayah Indonesia yang 90 persen dari penduduknya beragama muslim.