Acara Silaturahim dan Bukber IKA-UT: Alumni UT Menjadi Pagar Bangsa

Buka bersama keluarga besar Ikatan Alumni Universitas Terbuka (IKA-UT) sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, kali ini kembali dilaksanakan. Acara ini dilaksanakan secara luring di Novotel Cikini Jakarta, pada Kamis, 14 April 2022 dengan seluruh pengurus IKA-UT area Jabodetabek dan juga secara daring melalui zoom dengan seluruh pengurus wilayah di seluruh propinsi (34 propinsi) dari Sabang sampai Merauke, pengurus wilayah luar negeri, serta seluruh direktur UT atau Kepala Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh di seluruh Indonesia.

Acara silaturahim dan buka puasa bersama IKA-UT tersebut dihadiri Ketua IKA-UT, Jenderal TNI Dr. H. Moeldoko, S.I.P. yang dikenal sebagai pengusaha, politikus, dan purnawirawan perwira tinggi TNI Angkatan Darat yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kepresidenan Indonesia sejak 17 Januari 2018 pada Kabinet Kerja Pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla. Hadir juga secara luring, Pak Sekjen IKA-UT, Drs. Leles Sudarmanto, M.M., M.B.A. dan seluruh pengurus pusat IKA-UT. Selain itu acara tersebut dihadiri secara luring oleh Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. dan Warek Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D., Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si. (Ketua Senat-UT), Ir. Edward Zubir, M.M. (Kepala Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh Jakarta), Drs. Enang Rusyana, M.Pd. (Kepala Unit Pelaksana Teknis Unit Program Belajar Jarak Jauh Bogor), dan Maya Maria, S.E., M.M. (Kepada Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan).

Acara dimulai dengan sambutan oleh Ketua IKA-UT, Pak Moeldoko yang menyampaikan seiring dengan niat tulus mengabdi pada almamater, maka ke depan peran serta IKA-UT dapat lebih bermakna bagi kemajuan bangsa pada umumnya dan bagi kejayaan UT pada khususnya. “Agar setiap waktu memiliki makna kebaikan bagi pribadi, keluarga, maupun kebaikan bagi lingkungan, maupun bagi negara. Ini penting sebagai fungsi diri menjadi orang yang bertaqwa dan bersyukur,” demikian ungkap Pak Moeldoko.

Pesan tambahan Pak Moedoko kepada semua pengurus IKA-UT, walau selama ini seluruh pengurus IKA-UT telah bekerja keras di lapangan, namun beliau masih menginginkan tiap pengurus untuk lebih meningkatkan lagi peran serta, dengan kalimat-kalimat motivasi bahwa yang tidak mungkin menjadi mungkin. Beliau menekankan perlunya berpikir out of the box atau non linier, perlunya melakukan lompatan, jangan hanya berpikir linier. “Motto saya, tantangan adalah kebutuhan” ujar Pak Moeldoko.

Pesan Pak Moeldoko ini menjadi pemicu para pengurus IKA-UT untuk berpartisipasi atau berperan serta mendukung kegiatan-kegiatan sivitas akademika UT. “Tantangan di lapangan janganlah menyurutkan langkah, nanti kita tidak akan maju,” tambah Pak Moeldoko. Dengan demikian ada dua hal utama yang disampaikan Pak Moeldoko, yaitu tentang: 1) memaknai Ramadhan dengan memproyeksikan diri menjadi lebih bermakna, dan 2) kemajuan organisasi terletak dari pola pikir dan tindakan yang pantang menyerah menghadapi tantangan, perlu semangat mencari solusi dalam menghadapi berbagai kesulitan di lapangan. Pada intinya Pak Moeldoko terus menyemangati seluruh pengurus pusat, wilayah, dan cabang IKA-UT di mana pun berada untuk terus berkiprah dan memupus segala hambatan atau kendala waktu, energi, dan lainnya.

Selanjutnya Rektor UT dalam sambutannya mengungkapkan rasa bahagia bisa silaturahim dengan Pak Moeldoko, di sela-sela kesibukan beliau. “Kehadiran Bapak memberikan makna dan nilai yang sangat besar bagi keluarga besar, sivitas akademika UT, dan juga bagi para alumni UT, termasuk seluruh pengurus wilayah IKA-UT di seluruh tanah air,” ungkap Pak Rektor. Beliau mengungkapkan kekuatan alumni UT dalam hal jumlah yaitu mendekati 2 (dua) juta alumni yang tersebar di 34 propinsi dan 54 negara serta 91 kota di mancanegara, menjadi pagar bangsa, perekat NKRI. Kekuatan besar dalam hal jumlah alumni UT tidak dapat dibandingkan dengan jumlah alumni dari perguruan tinggi mana pun di Indonesia.

Rektor berharap dengan kekuatan jumlah tersebut dapat meningkatkan partisipasinya demi kemajuan UT ke depannya apalagi menjelang diperolehnya SK PTN-BH oleh Presiden untuk UT dalam waktu tidak berapa lama lagi atau sekitar dua atau tiga bulan lagi, setelah usulan Rancangan Peraturan Pemerintah (RPP) untuk PTN-BH-UT telah lolos.

Sebagaimana diketahui proses harmonisasi RPP untuk UT telah disepakati oleh 6 (enam) Kementerian, yaitu Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia, Kementerian Keuangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kementerian Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan pada Rabu, 6 April 2022 dalam kegiatan Harmonisasi Rancangan Peraturan Pemerintah tentang PTN-BH UT.

Didukung oleh media zoom, sapaan dan ungkapan disampaikan oleh masing-masing pengurus wilayah di seluruh propinsi. Sebagian besar perwakilan pengurus wilayah tersebut mengungkapkan rasa senang dan berbangga dapat hadir secara daring bertemu dengan Pak Rektor, Pak Moeldoko, dan seluruh pengurus IKA-UT di berbagai wilayah tanah air dan luar negeri dan berharap interaksi kehadiran secara daring dan luring dapat ditingkatkan untuk koordinasi intensif pelaksanaan seluruh program kerja.