Studi Banding Tel-U ke UT

Pada hari Senin (28/03/2022) Universitas Terbuka (UT) menerima kehadiran dari Telkom University (Tel-U) secara virtual dalam rangka kegiatan studi banding terkait metode belajar dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh khususnya Pascasarjana. Acara ini disambut oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerjasama UT, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. Dalam sambutannya, Bapak Rahmat berharap acara ini dapat membuahkan kerjasama lebih lanjut. Bersama – sama UT dan Tel-U bergandengan tangan untuk menyediakan akses bagi masyarakat Indonesia agar mereka mendapatkan kesempatan mengenyam pendidikan yang berkualitas melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)

Kegiatan ini dilakukan secara daring melalui platform Zoom, dengan dihadiri oleh Direktur Pascasarjana UT, Kepala Badan Pengelola dan Pengembangan Usaha (BPPU) UT, Kepala Pusat Bantuan Belajar (PBB), Kepala Unit Pelaksana Teknis Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPT-TIK), Kepala Pusat Pengembangan Hubungan Internasional dan Kemitraan (PPHIK), dan Advanced Learning Telkom University beserta jajarannya.

Pada kesempatan ini, Dr. Siti Julaeha, M.A. mengenalkan sekilas tentang pengelolaan mahasiswa Pascasarjana UT. Dilanjutkan Dr. Kartono, S.Pd., M.Si. memaparkan materi mengenai proses pembelajaran  mulai dari penanganan tutorial dan praktikum untuk program diploma, sarjana, dan pascasarjana, hingga pengembangan tugas mata kuliah. Kemudian pemaparan materi dilanjutkan oleh Bapak Dimas Agung Prasetyo, S.Kom., M.Sc., mengenai infrastruktur UT. Terakhir, Tim BPPU memberikan pemaparan tambahan mengenai Program Pelatihan Training yang bisa dilakukan oleh pihak Telkom University untuk mulai merencanakan pelatihan pembelajaran jarak jauh, pemaparan materi ini sekaligus menutup acara studi banding pada hari ini dengan di membuka sesi tanya jawab yang dipandu oleh Imas Maesaroh, S.E., M.Si, Koordinator Bidang Pengembangan Institusi dan Kehumasan pada Kantor Warek Pengembangan Institusi dan Kerjasama.