UT Gelar Tahapan Presentasi Bagi Calon Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Masa Jabatan 2021-2025

Dua calon Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Universitas Terbuka (UT) terpilih untuk mengikuti tahapan penilaian kompetensi setelah melalui tahapan seleksi administrasi sejak September lalu. Para Calon Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum yang terpilih yaitu Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. dan Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. Tahapan penilaian kompetensi melalui presentasi tentang visi, misi, dan program kerja yang dilaksanakan pada Senin, 18 Oktober 2021. Acara dibuka oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si.

Dalam sambutan Rektor Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D., beliau berharap bagi Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum yang terpilih dapat memberikan warna yang terbaik untuk UT di masa yang akan datang. UT saat ini sedang berupaya untuk naik kelas dari Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum (PK-BLU) menjadi PTN Badan Hukum (BH) yang menuntut kerja keras, komitmen dan pikiran yang komprehensif untuk meningkatkan harkat dan martabat UT. Strategi manajemen yang baik diharapkan mampu diimplementasikan sesuai dengan konteks UT sebagai Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ). Harapannya, terpilih Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum dengan kapasitas yang memadai dan kompetensi yang baik sehingga dapat mengemban amanah dalam menjalankan peran dan fungsi sebagai Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum.

Presentasi pertama disampaikan oleh Prof. Dr. Ali Muktiyanto, S.E., M.Si. mengenai Pengelolaan Sumber Daya Secara Profesional, Transparan dan Akuntabel untuk UT yang Sehat, Tumbuh dan Berkelanjutan. Beliau menyampaikan bahwa akuntabilitas dicapai melalui manajemen sumber daya manusia, keuangan, aset dan pendukungnya secara efektif, efisien dan ekonomis, serta mengedepankan keadilan. Pencapaian akuntabilitas dilihat dari kebijakan dan regulasi, perencanaan, pelaksanaan, serta monitoring evaluasi dan audit.

Presentasi kedua disampaikan oleh Muhammad Husni Arifin, S.Ag., M.Si., Ph.D. mengenai Mewujudkan Kewibawaan Akademik Melalui Tata Kelola yang Otonom dan Berbasis Digital Learning Ecosystem. Beliau menyatakan bahwa tantangan yang dihadapi oleh UT beragam dari sisi internal maupun eksternal. Beliau memaparkan bahwa diperlukan peningkatan efektivitas pembiayaan dan efisiensi anggaran, pengembangan model praktik dalam meningkatkan keunggulan UT, menyiapkan pengelolaan keuangan untuk mendukung transformasi UT menjadi PTN BH serta realisasi peningkatan kesejahteraan bagi pegawai UT.

Seleksi dilanjutkan dengan sesi wawancara yang dilaksanakan secara tertutup dan Rapat Penentuan Calon Wakil Rektor Bidang Keuangan dan Umum Periode 2021-2025