Gubernur Kalimantan Utara Resmikan Gedung Baru UPBJJ-UT Tarakan

Sebagai salah satu upaya meningkatkan mutu pelayanan dan daya jangkau, khususnya di Provinsi Kalimantan Utara dan sekitarnya, Universitas Terbuka (UT) telah membangun gedung Unit Program Belajar Jarak Jauh Universitas Terbuka Tarakan (UPBJJ-UT Tarakan). Gedung yang terletak di Jl. Mulawarman No.234, Karang Anyar, Tarakan Barat, Kota Tarakan tersebut kini telah diresmikan.

Kegiatan peresmian gedung UPBJJ-UT Tarakan yang mengusung tema “Menjangkau Pendidikan Tinggi Hingga Pelosok Negeri” dilakukan pada Senin, 23 Agustus 2021. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Drs. Zainal Arifin Paliwang, S.H., M.Hum. Gubernur Kalimantan Utara. Hadir pula Rahmat Budiman, S.S., M. Hum., Ph.D., selaku Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT dan Rahmaddian, S.E., M.M. selaku Direktur UPBJJ-UT Tarakan. Ketua DPRD Kalimantan Utara Norhayati Andris yang merupakan alumni UT, Rektor Universitas Borneo Tarakan Prof. Dr. Adri Patton, M.Si., dr. H. Khairul M.Kes, selaku Wali Kota Tarakan, dan para Wakil Bupati se Kalimantan Utara serta Kepala Biro Sumber Daya Manusia Polda Kalimantan Utara juga menghadiri peresmian tersebut.

Gedung baru UPBJJ-UT Tarakan diresmikan secara simbolis dengan penekanan tombol sirene, pemotongan tali pita dan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Kalimantan Utara didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Pengembangan Institusi dan Kerja Sama UT dan Direktur UPBJJ-UT Tarakan. Dalam Kesempatan yang sama, dilaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara UT dengan seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Utara.

Direktur UPBJJ-UT Tarakan dalam sambutannya menyampaikan bahwa peresmian gedung baru ini sejalan dengan mandat dari pemerintah Indonesia, yaitu memberikan pelayanan pendidikan tinggi ke semua lapisan masyarakat tak terkecuali mereka yang berada di wilayah 3T (terdepan, terpencil, dan tertinggal). Untuk mewujudkannya, UT terus berupaya dalam memperluas daya jangkau layanannya. “Kami tidak sekadar membangun bangunan UT, tapi juga sinergi dengan pemerintah provinsi dan seluruh pemerintah daerah di Kalimantan Utara”.

Rektor UT Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D mengikuti acara peresmian secara daring dari kantor UT Pusat di Pondok Cabe, Tangerang Selatan. Melalui aplikasi Zoom Meeting Rektor UT menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif dalam menghadirkan gedung baru UT di Tarakan. Beliau juga berharap agar hubungan UT dan pemerintah provinsi dan seluruh kabupaten kota di Kalimantan Utara bisa terus meningkat dan sinergis. “Saya berharap dengan kehadiran gedung baru UT Tarakan sekaligus penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan seluruh pemerintah kabupaten dan kota di Kalimantan Utara, akan semakin memantapkan peran UT di tengah-tengah masyarakat Kalimantan Utara dalam mengemban amanat pemerintah untuk membuka akses perguruan tinggi yang terjangkau berkualitas dan flexible dalam rangka peningkatan sumber daya manusia di Kalimantan Utara”.

Gubernur Kalimantan Utara dalam sambutannya menyampaikan harapan dengan adanya gedung baru ini, akan memberikan semangat bagi UT Tarakan dalam proses memberikan pendidikan tinggi berkualitas untuk masyarakat Kalimantan Utara. Beliau bangga dengan UT Tarakan karena telah ikut berkontribusi aktif terhadap peningkatan sumber daya manusia di Kalimantan Utara. Hal ini terbukti dengan hadirnya UPBJJ-UT Tarakan lima tahun yang lalu , telah membantu peningkatan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi di wilayah Kalimantan Utara. Sebagai salah satu bentuk perhatian yang serius pada bidang pendidikan di wilayah Kalimantan Utara, Gubernur akan memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang lulus dengan predikat cumlaude ke jenjang yang lebih tinggi.

Semoga dengan peresmian gedung baru UT dan penandatanganan MoU antara UT dengan seluruh kabupaten dan kota di Kalimantan Utara, jumlah mahasiswa UT akan bertambah dan akan menghasilkan lulusan berkualitas yang dapat memberikan kontribusi pada pembangunan di Kalimantan Utara