Dua Calon Wakil Rektor Bidang Akademik Masa Jabatan Tahun 2021-2025 Melewati Tahap Presentasi

Setelah melewati seleksi administrasi, dosen yang lolos menjadi Calon Wakil Rektor Bidang Akademik Universitas Terbuka (UT) masa jabatan 2021-2025 yaitu Dr. Maman Rumanta, M.Si. dan Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. Pada Kamis (26/08/2021) diadakan Presentasi Calon Wakil Rektor Bidang Akademik yang dilaksanakan luring di Operation Room Gedung BKUK dan daring lewat aplikasi Zoom. Pada luring diberlakukan protokol kesehatan ketat seperti memakai masker dan menjaga jarak. Sebagai moderator pada acara ini yaitu Adrian Sutawijaya, S.E., M.Si. Acara dibuka oleh Ketua Panitia Seleksi (Pansel) Prof. Dr. Chanif Nurcholis, M.Si.

Dalam sambutannya, Rektor UT, Prof. Ojat Darojat, M.Bus., Ph.D. berharap Wakil Rektor Akademik yang terpilih dapat mendukung program Merdeka Belajar yang diusung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendibudristek). Selanjutnya dalam merespon dunia industri, diperlukan kompetensi yang harus dimiliki mahasiswa untuk terjun dalam dunia kerja. Untuk itu perlu adanya pengembangan kurikulum dalam bentuk micro credentials learning.

Sebelum presentasi dimulai, moderator membacakan tata tertib kemudian dilanjutkan dengan presentasi dari Calon Wakil Rektor Bidang Akademik. Dr. Maman Rumanta, M.Si. Mendapatkan nomor urut satu dan Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A.  mendapat nomor urut dua dalam penyampaian presentasi.

Dr. Maman Rumanta, M.Si. menyampaikan visi dan misi serta program kerjanya mewujudkan UT sebagai Perguruan Tinggi Terbuka Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas global dan lokal. Beliau menggagas peningkatan kualitas akademik melalui digitalisasi sistem.

Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. menyampaikan visi dan misi serta program kerjanya untuk mengkokohkan kewibawaan akademik UT dalam bingkai UT sebagai Perguruan Tinggi Badan Hukum (PTN-BH) dan digital learning ecosystem. Beliau mengusung akselerasi untuk mewujudukan visi dan misi UT dan kredo Rektor.

Sesi tanya jawab dilakukan setelah Calon Wakil Rektor Bidang Akademik memaparkan presentasinya dan dilakukan terpisah antara dua calon tersebut sesuai dengan urutan presentasi. Sesudah sesi tanya jawab dari calon terakhir yaitu Dr. Mohamad Yunus, S.S., M.A. selesai, Panitia Pansel mengadakan rapat tertutup.