Groundbreaking Pembangunan Gedung Universitas Terbuka Denpasar

Universitas Terbuka sebagai pelopor sistem pendidikan tinggi jarak jauh di Indonesia yang juga merupakan Perguruan Tinggi Negeri ke-45, terus berupaya mewujudkan visinya untuk menjadi Perguruan Tinggi Terbuka dan Jarak Jauh (PTTJJ) berkualitas dunia. Melalui layanan Unit Program Belajar Jarak Jauh (UPBJJ) di seluruh Indonesia, Universitas Terbuka berkontribusi dalam memenuhi kebutuhan pendidikan tinggi bagi semua lapisan di seluruh Tanah Air, termasuk masyarakat Bali dengan menghadirkan Kantor Universitas Terbuka Denpasar. Tingginya antusiasme masyarakat dalam menempuh pendidikan di Universitas Terbuka. Di wilayah Bali, Universitas Terbuka Denpasar telah menghasilkan alumni sebanyak 29.094 dan jumlah mahasiswa yang terdaftar hingga saat ini sebanyak 6.331 mahasiswa. Sistem belajar yang sangat fleksibel, memberi peluang bagi masyarakat untuk dapat mengakses layanan pendidikan tinggi negeri ini kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi aktivitas serta profesi dari peserta didiknya.

Merespon tingginya animo masyarakat Bali dalam menempuh pendidikan tinggi di Universitas Terbuka, sebagai salah satu bentuk optimalisasi kualitas dan penyediaan fasilitas layanan pembelajaran bagi mahasiswa serta mendukung tercapainya merdeka belajar, Universitas Terbuka memandang perlu pembangunan gedung baru.

Pada hari Senin, 7 Juni 2021 Universitas Terbuka Denpasar menggelar acara Groundbreaking Pembangunan Gedung Universitas Terbuka Denpasar. Acara ini dihadiri secara langsung oleh Wakil Gubernur Bali, Bapak Prof. Dr. Ir. Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, M.Si. dan Pejabat Pemerintah Provinsi Bali serta Tokoh Masyarakat Setempat. Salah satu agenda dari acara ini adalah Prosesi Peletakan Batu Pertama yang dilakukan oleh Wakil Gubernur Provinsi Bali, Wakil Wali Kota Denpasar dan Rektor Universitas Terbuka sebagai penanda bahwa proses pembangunan dimulai. Acara tersebut dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan dalam mencegah Covid-19.

Gedung baru Universitas Terbuka Denpasar akan berdiri di atas lahan seluas 9.950 m2 di Jalan Raya Sesetan, Denpasar. Adapun proses pembangunannya diperkirakan akan rampung sepenuhnya pada tahun 2022. Saat ini, Universitas Terbuka Denpasar masih memberikan layanan melalui kantor yang berada di Jalan Gurita, No. 11, Sesetan, Denpasar. Universitas Terbuka Denpasar berharap proses pembangunan ini dapat berjalan lancar hingga gedung ini beroperasi sehingga dapat membantu pemerintah daerah dalam menciptakan generasi penerus yang berkualitas dan berdaya saing tinggi.

Dalam acara ini, juga dilaksanakan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Universitas Terbuka Denpasar dengan Pemerintah Kabupaten Klungkung. Penandatanganan MoU tersebut merupakan bentuk pengamalan Tri Dharma Perguruan Tinggi dari Universitas Terbuka Denpasar. Selain itu, melalui kegiatan tersebut diharapkan terbentuk sinergi yang harmonis antara kedua pihak dan mendukung peningkatan kualitas pendidikan tinggi terhadap masyarakat Kabupaten Klungkung.